Kamis, 15 Oktober 2015

Spot Diving Indah di Indonesia (Part 2)


Bicara banyaknya pulau di Indonesia, maka tak mengherankan jika negara kita juga memiliki kekayaan kehidupan laut yang berlimpah. Di artikel yang lalu, kita telah membahas beberapa spot diving terbaik di Indonesia, berikut artikel lanjutan untuk menambah informasi seputar diving untuk Anda.

Kepulauan Banda
Merupakan gugusan pulau yang berlokasi di 132 kilometer di bagian tenggara Ambon. Kepulauan ini menyimpan beragam potensi wisata, mulai dari wisata sejarah, budaya dan pemandangan alam. Keindahan dan hasil alam kepulauan Banda, seperti rempah-rempah misalnya, sudah terkenal (kabarnya) hingga ke Eropa, bahkan sejak dahulu kala.

Kepulauan Banda, juga terkenal dengan lokasi divingnya. Beberapa pulau yang menawarkan keindahan bawah laut ini, diantaranya adalah pulau Banda Neira, pulau Ai, pulau Hatta, pulau Sjahrir, dan pulau Karaka. Di antara pulau Banda Neira dan pulau Gunung Api, ada lokasi diving yang bernama Sonegat, spot ini menjadi habitat ikan blue girdled dan emperor angelfish, ditambah dengan terumbu karang beragam warna. Sedangkan di pulau Banda besar, clear visibility-nya hingga di kedalaman 40 meter.
Image: marischkaprudence


Taman Laut Selat Pantar
Kabarnya, keindahan kehidupan bawah laut Selat Pantar lebih baik jika dibandingkan dengan di Taman Nasional Komodo, Bunaken bahkan Raja Ampat. Keindahannya bahkan sudah terkenal di kalangan penyelam kelas dunia, bahkan kawasan ini disebut-sebut adalah yang terindah setelah Kepulauan Karibia.

Berada di Nusa Tenggara Timur, Taman Laut Selat Pantar memiliki 26 spots diving. Pada salah satu lokasi menyelam yang bernama Shark Close, Anda bisa menemukan kawanan ikan hiu yang bisa didekati. Tidak cuma itu, di titik-titik menyelam ini, bertebaran beragam ikan dan biota laut dengan bentuk yang unik dan warna yang cantik.
Image: fotowisata


Masih ada banyak lagi lokasi diving yang menawan di Indonesia, misalnya Taman Nasional Bunaken, Sabang, Kepulauan Seribu, Bali dan Pulau Komodo, dsb. Hampir seluruhnya bahkan terkenal keindahannya di antara penyelam dunia. Jika mereka yang berasal dari luar negeri saja, rela jauh-jauh datang ke Indonesia, Anda, para divers asli Indonesia, sudah pernah belum datang ke sana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar