Sabtu, 10 Oktober 2015

Menengok Kekayaan Alam di Taman Nasional Wakatobi


Taman Nasional Wakatobi adalah salah satu taman nasional terluas di Indonesia. Terumbu karang dan ikan, menjadi fokus pengelolaan taman nasional ini. Tentu saja karena fungsinya yang terkait satu sama lain. Terumbu karang menjadi tempat tinggal bagi ikan-ikan, dan ikan-ikan ini nantinya akan menjadi hasil laut untuk masyarakat sekitar. Adanya pengelolaan taman nasional ini juga diperuntukkan untuk menjaga biota laut di sini, agar tidak ‘dihabiskan’ dan dirusak oleh para penikmatnya.

Perairan Wakatobi berada pada wilayah segitiga karang atau Coral Triangle, yang wilayahnya meliputi Indonesia, Filipina hingga ke Kepulauan Solomon.

Jika berkunjung ke sini, Anda bisa melihat beberapa sumber daya terpenting bagi taman nasional ini, di antaranya adalah berbagai jenis terumbu karang, padang lamun (hamparan rumput laut) dan mangrove. Beberapa bagian pulau di daerah ini menjadi habitat bagi burung pantai, lokasi bertelur penyu dan lokasi pemijahan ikan-ikan.

Snorkeling dan diving adalah kegiatan wisata terbesar di kawasan ini. Keindahan pemandangan bawah laut Wakatobi bahkan sudah mendunia. Beberapa objek wisata di sini adalah Pantai Molii Sahatu, Pantai Sousu, Pantai Waha, Pantai Hoga, Pantai Sombano, Pantai Peropa, Pantai Huntete, Pantai Soha, Pantai Onemobaa, Pantai Palahidu, dan masih banyak lagi.

Untuk menuju ke sini, ada beberapa cara. Jika Anda dari Kendari, ada penerbangan ke Wakatobi ini. Selebihnya, adalah jalur laut. Soal menginap, sudah banyak penginapan di daerah ini, mulai dari rumah penduduk, hotel hingga resort. Tarifnya beragam, ada yang murah, hingga jutaan per malamnya. Umumnya, para wisatawan menginap di Pulau Wangi-wangi, atau yang dikenal dengan nama Wanci, yang menjadi ‘gapura’ untuk memasuki taman nasional ini.


Patutlah kita berbangga hati karena memiliki kekayaan alam yang berlimpah seperti ini.

Image: liburanwkatobi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar