Jumat, 23 Oktober 2015

Menyaksikan Lumba-lumba di Teluk Kiluan


Bagi Anda yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya dan ingin menyaksikan langsung lumba-lumba di habitatnya, Anda tak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar dan jauh-jauh pergi ke Pantai Lovina Bali. Anda cukup datang ke Lampung, ke Teluk Kiluan. Objek wisata menawan ini terletak di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung Selatan.

Teluk Kiluan adalah lokasi wisata yang cukup baru di daerah Lampung, bahkan masyarakat Lampung pun belum begitu familiar dengan kawasan ini. Kawasan ini memiliki pantai yang indah, ditambah dengan bukit dengan hutan yang rimbun, menjadikan objek wisata ini tepat bagi para pencinta petualangan.

Selain panorama yang menawan, daya tarik utama Teluk Kiluan adalah Pulau Kelapa, atau disebut juga dengan Pulau Kiluan. Jaraknya tak jauh dari teluk. Ada pun yang begitu ditunggu-tunggu jika Anda datang ke pulau ini, yaitu melihat kawanan lumba-lumba. Kabarnya, jumlah lumba-lumba di pelintasan ini, adalah yang terbanyak di dunia. Dari pantai, Anda akan menuju ke tengah lautan yang berjarak 20 menit dengan menaiki perahu berkapasitas kecil yang disebut dengan jukung.

Waktu untuk melihat mereka adalah di pagi hari. Berbeda dengan di pantai Lovina yang tidak selalu ada, lumba-lumba di Pulau Kiluan hampir ada setiap hari, bahkan, mereka begitu ‘ramah’ dengan pengunjung. Ada dua jenis lumba-lumba di kawasan ini, yaitu jenis mulut botol dan paruh panjang.

Selain ada lumba-lumba, jika beruntung, pada waktu-waktu tertentu, Anda bisa melihat penyu hijau atau penyu sisik yang naik ke daratan untuk bertelur. Di hutan sekitar daerah ini juga terdapat berbagai primata seperti siamang, simpai dan kukang. Suara mereka yang nyaring akan terdengar bersahut-sahutan. Pulau Kelapa juga menjadi lokasi snorkeling yang indah dan tempat untuk memancing. Di sini sudah beberapa kali diadakan lomba memancing dan diikuti oleh para profesional.

Soal fasilitas, memang masih sangat minim. Jika Anda ingin menginap, hanya ada beberapa penginapan (homestay) sederhana di kawasan ini. Masing-masing homestay mampu menampung sekitar 5-6 orang. Sembari melepas lelah, sambil bersantai, jangan lupa untuk mencicipi sajian khas Pulau Kiluan berupa pepes ikan dengan sambal durian.


Wah, tak kalah seru dengan berlibur ke Pulu Dewata, kan?

Image: rickyhartanto19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar