Kamis, 29 Oktober 2015

Indahnya Vihara 1000 Patung Tanjungpinang


Vihara 1000 patung, itulah julukan yang diberikan oleh masyarakat Tanjungpinang, ada pula yang menyebutnya dengan vihara 1000 wajah. Walaupun sebetulnya, jumlah patung yang ada di sini, tak sampai 1000, tapi sekitar setengahnya saja. Vihara yang memiliki nama asli Ksitigarbha Bodhisattava ini, dibangun pada tahun 2008, dengan pemilik tempat ini adalah warga yang berasal dari Singapura.

Menurut cerita, awalnya di kawasan wisata religi ini, hanya dibangun tempat untuk beribadah, namun karena masih memiliki sisa lahan yang luas, maka digunakan untuk memajang patung-patung biksu setengah dewa dengan beragam ekspresi wajah dan beberapa patung dewa. Ukurannya pun besar-besar, seluruhnya nyaris setinggi dua meter. Ditambah lagi, dengan patung-patung yang berada di gapura.

Seluruh patung dibuat berbaris rapi, juga dengan warna yang seragam. Menurut informasi, tak tanggung-tanggung, patung-patung ini didatangkan dari Tiongkok, dikirim dengan kapal.

Keunikan vihara ini telah mengundang banyak wisatawan, baik yang lokal maupun mancanegara. Ada yang datang untuk berdoa, ada pula yang berkunjung sekadar menikmati indahnya pahatan patung-patung ini sembari mengabadikannya dalam foto, karena yang datang ke sini tak cuma umat Budha, tapi juga mereka yang beragama lain. Pegunungan dan kebun di sekitarnya menambah sejuk dan cantik pemandangan. Menjadikan pengunjung betah berlama-lama.

Untuk menuju ke kawasan wisata religi ini, hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari bandara Raja Ali Haji, ongkosnya pun tak seberapa mahal. Yang perlu Anda ketahui, kabarnya vihara ini memiliki jam operasional. Ada waktu-waktu dan hari tertentu di mana pengunjung dipersilakan masuk. Sayang sekali, kan, jika Anda sudah jauh-jauh datang ke sini dan ternyata vihara ini sedang tutup?

Jadi, kapan Anda akan berwisata dan menginap di Tanjung Pinang?

Image: forsharingknowledge


Tidak ada komentar:

Posting Komentar