Senin, 12 Oktober 2015

Snorkeling dan Diving di Karimun Jawa


Karimun Jawa adalah salah satu lokasi tujuan untuk melakukan diving dan snorkeling bagi mereka yang tinggal di Pulau Jawa. Tak cuma Indonesia bagian timur yang kaya akan pemandangan bawah lautnya, tapi Pulau Jawa juga. Hal ini membuat kita warga Indonesia sudah sepatutnya bersyukur, ya.

Keindahan Karimun Jawa sudah terkanal di kalangan para diver. Terletak di Jepara, Jawa Tengah, ada 27 pulau yang tersebar di kawasan ini. 5 pulau di antaranya adalah pulau berpenghuni, sedangkan sisanya, masih ‘asli’. Ada 30 spots diving indah yang menanti kedatangan Anda di sini. Beragam biota laut hidup di sini, termasuk 90 jenis karang keras dan 242 jenis ikan hias.

Ada pun beberapa lokasi wisata yang terkenal di Karimun Jawa, yaitu:

Gosong Cemara
Pulau ini adalah gugusan terumbu karang melingkar. Uniknya, di bagian tengahnya terdapat pasir putih yang dangkal. Di sinilah Anda bisa menikmati cantiknya beragam terumbu karang dan ikan hias. Sesekali, lokasi ini menjadi pelaluan penyu. Ketika air sedang surut, bagaikan ada pulau kecil menyembul di tengahnya. Nah, gundukan pasir ini adalah tempat favorit pengunjung untuk berfoto.
Image: yarnivoyage

Spot Maer 
Terdapat di sebelah barat Pulau Menjangan Kecil, area ini terkenal untuk melakukan snorkeling. Untuk yang belum terlalu lihai menyelam, mungkin ini adalah tempat yang cocok untuk Anda, karena tidak terlalu dalam. Tapi, karena lautnya yang cukup dangkal inilah, jadi banyak terumbu karang yang rusak. Sebagian besar karena terinjak-injak.

Pulau Geleang
Pulau ini juga menjadi lokasi untuk beragam kegiatan air, seperti snorkeling, diving, berenang, berjemur atau sekadar berfoto. Airnya yang biru kehijauan, begitu jernih, sampai dasarnya bisa dilihat dengan jelas. Pepohonan yang rimbun di pulau ini, seakan menambah kecantikannya.
Image: blibli

Pulau Cilik
Sesuai dengan namanya, pulau yang satu ini memang kecil, hanya seluas 2 hektar saja. ‘Kecil-kecil cabe rawit’, mungkin istilah ini pas untuk Pulau Cilik. Karena meskipun kecil, Pulau Cilik menjadi bagian dari zona penyangga kawasan Karimun Jawa ini. Dari awal mulai merapat di dermaga pun, Anda sudah bisa melihat dengan jelas ikan-ikan yang berada di sekitar pantai.

Seiring namanya yang kian terkenal, beragam fasilitas di kawasan wisata ini kian memadai. Jika Anda menyukai lautan, mungkin Karimun Jawa bisa menjadi tujuan berlibur Anda berikutnya.


Mungkin Anda mencari penginapan di Jawa Tengah? Anda bisa lihat infonya di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar