Rabu, 21 Oktober 2015

Berziarah ke Gua Maria Kerep


Bagi Anda yang memeluk agama Katolik, jika sedang menginap di Semarang, jangan lupa untuk menyempatkan diri untuk berwisata religi ke Komplek Wisata Religi Gua Maria Kerep. Letaknya di Ambarawa, Kabupaten Semarang. Lokasi ini lebih dikenal dengan nama Gua Kerep. Menjulang dengan total ketinggian 42 meter, di sinilah terletak patung Bunda Maria yang tertinggi di dunia. Patung ini mengalahkan patung Bunda Maria yang (tadinya) tertinggi, yaitu di Bulgaria, dengan ketinggian 32 meter.

Gua Maria Kerep Ambarawa ini sudah berdiri sekitar setengah abad. Mulai digunakan semenjak tahun 1954, katanya tempat ini dibuat menyerupai Gua Maria Lourdes yang ada di Perancis. Tak cuma warga Semarang yang memadati area ini, tapi dari berbagai kota di Indonesia. Hampir setiap hari pengunjung memadati tempat ini, mulai dari pagi hingga malam hari. Ada pun puncak keramaian yang biasanya ada pada bulan Mei dan Oktober.

Area ini memiliki banyak tempat untuk berdoa, ‘ditemani’ udara Gunung Ungaran yang sejuk, menjadikan kegiatan berdoa semakin khusyuk. Selain berdoa, pengunjung yang datang ke sini juga bisa menimba ilmu mengenai agama Katolik.

Komplek Wisata Religi Gua Maria Kerep, berada dalam lokasi yang strategis. Jika Anda datang dari jalan raya Semarang, lokasi ini hanya berjarak 900 meter saja. Tepatnya, ada di jalan Tentara Pelajar. Jika baru pertama kali berkunjung, Anda tak perlu khawatir tersesat, karena sudah tersedia papan petunjuk untuk ke sini. Untuk ke sini, juga banyak tersedia angkutan umum. Di sekitarnya, Anda akan menemukan toko-toko yang menjual souvenir.

Kabarnya, tempat ini tak hanya didatangi oleh para pemeluk agama Katolik saja, tapi juga mereka yang beragama lain. Kabarnya lagi, mereka begitu ketenangan yang didapat dari kawasan ini. Penduduk setempat pun memiliki kepercayaan, di sini, ada lokasi tertentu yang jika kita memanjatkan doa di sana, maka akan segera dikabulkan, misalnya, doa untuk meminta kesembuhan atau untuk meminta diberikan keturunan. Patung Bunda Maria yang dibuat begitu indah tersebut, pastilah juga menjadi daya tarik, ya.


Setelah selesai berdoa, biasanya pengunjung di sini tak lupa menikmati sajian khas daerah sekitar, yaitu pecel dan sate. Bisa menjadi liburan yang komplet, kan?

Image: guamariakerep.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar