Minggu, 25 Oktober 2015

Menjelajah Sekitar Gunung Anak Krakatau




Mendengar kata Krakatau, mungkin yang terbayang di benak kita adalah salah satu letusan gunung terdahsyat sepanjang masa. Letusan Krakatau saat itu merenggut hingga 36.000 jiwa dan menjadikan langit menghitam selama beberapa waktu. Itulah sekilas tentang Gunung Krakatau.

Gunung Anak Krakatau terletak di Selat Sunda, di antara Pulau Jawa dan Sumatra. Wilayah ini termasuk dalam wilayah cagar alam. Sekarang ini menjadi salah satu objek wisata yang cukup diminati. Pengunjungnya kebanyakan adalah warga dari Jakarta, yang memulai perjalanannya dari pelabuhan Merak.

Setibanya di Gunung Anak Krakatau, kegiatan utamanya ialah trekking, sembari mempelajari sejarah mengenai letusan Gunung Krakatau yang dibuat di papan-papan di sekitar pantai. Meskipun tak terlalu tinggi, tapi pemandangan yang disuguhkan oleh gunung ini, tetaplah memukau. Apalagi jika Anda datang pada cuaca yang cerah, maka pemandangan akan semakin sempurna. Dari atas sini, Anda bisa melihat keindahan beberapa pulau di sekitarnya, seperti Pulau Rakata, Pulau Sertung dan Pulau Panjang. Pulau-pulau ini kabarnya adalah sisa dari letusan gunung.

Pulau Rakata, atau Lagoon Cabe, berjarak sekitar 45 menit dari Gunung Anak Krakatau. Kegiatan utama di sini adalah snorkeling. Perlu Anda ingat, jika snorkeling di sini, Anda tidak diizinkan untuk mengunakan kaki katak karena dikhawatirkan merusak terumbu karang. Meskipun airnya sedikit gelap, namun pemandangannya tetap indah.

Objek wisata lainnya adalah Pulau Sebuku Kecil. Berbeda dengan Lagoon Cabe, pulau ini memiliki pasir putih dan air yang biru jernih. Tak jauh dari pulau ini, terdapat Pulau Sebuku Besar yang merupakan area kebun kopra. Di sini, Anda juga bisa melakukan snorkeling, tapi sebelumnya, Anda mesti berhati-hati, karena di pantai ini sering ada ubur-ubur yang bisa membuat Anda gatal-gatal.

Jika ingin bermalam, datanglah ke Pulau Sebesi. Pulau ini cukup besar. Tersedia beragam homestay dan jenis penginapan lainnya. Seperti pulau-pulau sebelumnya, di sini tersedia lokasi snorkeling namun lautannya cukup dalam. Bersebelahan dari pulau ini, adalah Pulau Umang-umang. Pulau ini juga menyuguhkan pasir putih yang indah dan air laut yang jernih kebiruan. Tapi, lokasi ini bukanlah spot yang tepat untuk kegiatan airnya.


Karena kawasan ini adalah daerah cagar alam, jangan lupa untuk mencari tahu informasi selengkapnya mengenai kawasan ini, lebih dulu, ya. 

Image:ssbsfmradio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar