Jumat, 16 Oktober 2015

Berselancar di Pantai Sawarna




Pantai Sarwana, terletak di Desa Sarwana, Kabupaten Lebak, Banten. Kawasan ini belum terlalu dikenal, makanya, lingkungannya masih terbilang sepi dan asli. Untuk Anda yang tinggal di daerah Banten, Bandung atau Jakarta, kawasan ini bisa menjadi tujuan liburan Anda berikutnya.

Jika Anda datang dari Kota Jakarta, waktu yang dibutuhkan untuk menuju ke sini, adalah sekitar tujuh jam.

Di desa wisata Sarwana, tersedia beragam objek wisata yang jarak antar objeknya berdekatan, misalnya, sungai, gua, lokasi untuk panjat tebing dan agrowisata. Salah satu objek wisata yang paling indah di sini adalah Pantai Sarwana.

Pantai yang menghadap ke Samudera Hindia ini menawarkan pemandagan yang luar biasa. Tebing batu yang ditumbuhi dengan beragam tanaman hijau, tumpukan karang, berpadu dengan pantai putih bersih dan lautan biru yang membentang. Pastilah, pemandangan yang memukau. Meski cantik, pantai ini memiliki angina yang kencang. Nah, ombaknya pastilah juga besar, kuat dan relatif tinggi, cocok untuk lokasi bermain selancar. Surfer di sini didominasi oleh orang asing. Ya, karena Pantai Sarwana lebih dikenal oleh mereka, ketimbang warga Indonesia sendiri.

Pantai ini kerap dihubungkan dengan kisah penguasa laut selatan, yaitu Nyai Roro Kidul.

Soal fasilitas, kawasan ini masih minim karena masih dalam tahap perkembangan. Jalanan menuju ke sini sudah lumayan baik, walaupun masih sempit. Jadi disarankan, Anda membawa mobil kecil saja, ya. Jika ingin bermalam, ada homestay dengan beberapa fasilitas. Jika ingin menginap di hari libur, pesanlah kamar dari beberapa hari sebelumnya, terutama jika musim libur sekolah dan hari raya.

Sebaiknya, bawalah bekal Anda (dan kebutuhan lainnya), karena rumah makan di kawasan ini masih sangat terbatas dan bawalah uang secukupnya. Isi bensin Anda, kawasan ini juga jauh dari tempat pengisian bahan bakar. Yang paling penting adalah, mengecek kondisi cuaca sebelum berlibur ke sini, cuaca yang tidak bersahabat akan membuat ombak di sini semakin besar sehingga tidak aman untuk Anda dan keluarga.

Ada pun beberapa objek wisata lainnya di sekitar Pantai Sarwana ini, yaitu Pantai Tanjung Layar, Gua Lalay, Pantai Pulo Manuk, Gunung Kembang, dsb. Ingin melihat pantai cantik lainnya? Cobalah datang ke Pantai Ciantir.

Image: sawarnainn


Tidak ada komentar:

Posting Komentar