Rabu, 28 Oktober 2015

Indahnya Kolam Renang Alami di Pantai Kedung Tumpang


Berenang di pinggir pantai atau di taman permainan air, sih, sudah biasa. Berenang di kolam renang pinggir pantai? Mungkin juga tidak aneh. Tapi kalau kolam renangnya adalah kolam yang terbentuk secara alami, nah, ini baru sesuatu yang beda. Untuk menikmati keunikan ini, Anda bisa mengunjungi Angel’s Billabong, di Bali atau di Pantai Kedung Tumpang, Tulungagung.

Pantai Kedung Tumpang, tepatnya berada di desa Pucanglaban, Tulungagung, Jawa Timur. Sebetulnya, sih, bukanlah pantai dalam bentuk yang biasa kita temui, yaitu pasir dan laut, tapi pantai yang satu ini adalah ‘kolam renang’ yang terbuat dari karang. ‘Kolam renang’ ini adalah kumpulan karang yang karena terus-terusan terpapar ombak besar, terkikis dan terbentuklah cekungan yang menyerupai kolam.

Karang besar, berlubang dan berair jernih. Warna-warni tumbuhan air yang hidup didalamnya menjadikan natural swimming pool ini jadi semakin cantik. Kalau dilihat-lihat, bentuknya cukup mirip dengan salah satu sungai terunik di dunia, yaitu The Great Barrier Reef, di Australia. Bedanya, Pantai Kedung Tumpang, berada persis di pingiran pantai dan langsung menghadap ke lautan. Pastinya, lebih indah, ya. Tidak heran kalau tempat ini disebut dengan kolam bidadari.

Adapun tips untuk berwisata di sini.
  • Jalanan di sekitar kawasan ini terbilang curam, pakailah alas kaki yang pas.
  • Kolam ini terbuat dari karang, jadi mesti ekstra hati-hati ketika berjalan di atasnya dan ketika berenang.
  • Terdapat ombak besar pada waktu tertentu (ketika air laut pasang). Ombak ini bisa mengenai kolam dan menghempaskan Anda. Sebaiknya mengecek keadaan cuaca sebelum menuju ke sini, ya.
  • Untuk sampai ke sini, Anda akan melewati pemukiman dan pertanian milik warga sekitar. Anda pun akan memarkir di sekitar kawasan milik warga. So, you have to be nice.
  • Sebaiknya datang dengan motor karena akses ke sini belum terlalu baik.
  • Pastinya, harap menjaga kebersihan dan jangan merusak kawasan ini.

Sudah banyak pengunjung yang menikmati keindahan Pantai Kedung Tumpang ini, kapan giliran Anda?

Image: 1stgoing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar