Selasa, 06 Oktober 2015

Bermain Selancar di Sungai Kampar


Sungai Kampar, adalah sungai milik Indonesia yang istimewa. Soal pemandangan, mungkin bukanlah hal utama di sungai ini, tapi, di sungai ini, Anda bisa bermain selancar. Hah? Bermain selancar di sungai, apa mungkin? Ya, itulah keistimewaan dari sungai ini.

Berada di Kabupaten Pelalawan, Riau, sungai Kampar memiliki gelombang bono, gelombang yang terjadi akibat adanya pertemuan antara arus pasang air laut dan sungai. Tidak bisa ditemukan setiap hari, ombak ini hanya terjadi ketika bulan purnama tiba, yaitu di sekitar bulan Agustus hingga Desember. Kemunculan gelombang ini biasanya diawali dengan gemuruh , angin yang kencang dan diikuti ombak yang bergulung-gulung.

Saking dahsyatnya, bono dikenal dengan julukan gelombang tujuh hantu atau seven ghosts, karena bono bisa menciptakan ombak besar hingga tujuh lapis bahkan bisa membentuk ombak barrel. Bono, pada musim tertingginya, bisa mencapai hingga ketinggian empat hingga enam meter. Hebatnya lagi, ombak besar ini bisa terjadi selama dua jam. Makanya, ombak sungai Kampar tidak disarankan bagi surfer pemula, karena cukup berbahaya.

Untuk ombak tertinggi, ada di sekitar bulan November dan Februari. Maka dari itu, Anda mesti lebih dulu mengecek informasi ini sebelum datang. Jika belum terlalu lihai, cobalah bono di ketinggian lebih rendah, yaitu di sekitar awal tahun.

Tips untuk Anda, untuk menuju ke sini, dalam musim tertentu, bisa jadi cukup membahayakan karena ombak yang besar. Mesti Anda tahu juga, ketika musim tertinggi, biasanya kawasan tempat tinggal di sini mengalami banjir. Jika Anda pengin bermalam di kawasan ini, hanya ada beberapa homestay. Nikmati pula sajian khas masyarakat sekitar di rumah makan sederhana.

Jadi, kapan Anda akan berkunjung ke Riau?


Image: fitriiwulandarii19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar