Minggu, 27 Desember 2015

Pulau Welolo, Pulau Indah yang Tersembunyi


Pulau Alor, adalah pantai yang tersembunyi dan belum banyak dijamah. Kemungkinan besar, karena lokasinya yang jauh dan sulit dicapai. Di sisi lain, hal ini ada untungnya juga, kawasan ini jadi masih betul-betul asri dan alami. Salah satu pantai perawan milik Alor adalah Pantai Welolo. Buat Anda yang senang petualang ke tempat-tempat terpencil yang indah, mungkin bisa menjajal ke sini.

Pulau Welolo ini, terdapat di Desa Mausamang Kiralela, Kecamatan Alor Timur, Nusa Tenggara Timur. Singkat kata, dibutuhkan waktu selama sekitar 6 jam untuk sampai di pusat kecamatan dari Kota Kalabahi, ibukota Kabupaten Alor. Belum berhenti di situ, Anda masih harus menyewa ojek terlebih dahulu untuk sampai di desa ini. Jalanannya pun sangat jauh dari bagus, masih berbatu dan berkelok tajam.

Perjalanan melelahkan akan segera terbayar ketika Anda tiba di kawasan pantai. Hamparan pasir putih akan menyambut kedatangan Anda. Keindahan pasir ini akan semakin menjadi di kala air sedang surut, sehingga kita puas melihatnya. Ketika surut inilah, banyak anak-anak datang untuk mengambil kerang dari pasir, kerang yang mereka sebut dengan nama ‘meting’ ini biasanya dijadikan lauk. Cangkang-cangkang yang kosong, berserakan di sini, bisa diambil jika Anda ingin menyimpannya sebagai kenang-kenangan.

Kegiatan lainnya adalah snorkeling atau memancing ikan secara tradisional mengikuti arahan penduduk setempat. Setelah ikan di dapat, bisa langsung diolah di bibir pantai. Jika ingin kepiting, Anda mesti mencarinya di rawa-rawa, karena kepiting banyak bersembunyi di antara popohonan bakau.


Jika ingin berkeliling menikmati pemandangan sekitar, mintalah nelayan setempat untuk mengantar Anda dengan perahu miliknya. Jangan lupa, sunset di sini kabarnya sangat indah, jadi jangan sampai terlewat, ya.

Image: travel.detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar