Rabu, 02 Desember 2015

Pilihan Wisata di Kota Blitar (Part 1)


Blitar, kota bersejarah ini memiliki beberapa julukan, yaitu kota proklamator, kota patria dan kota peta (pembela tanah air). Satu lagi, kota blitar juga dijuluki dengan kota koi karena ikan koi yang populer di Jepang itu, mampu berkembang biak dengan baik di sini. Selain penuh dengan hal-hal hebat seperti di atas, Blitar nyatanya adalah kota yang juga menyenangkan karena memiliki begitu banyak tempat untuk berwisata. Apa saja, ya? Nah, jika Anda mengunjungi Blitar, Jawa Timur, jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat berikut, ya.

Pantai Tambakrejo
Sesuai dengan namanya, pantai ini berlokasi di desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto. Dari kota Blitar, untuk menuju ke pantai ini membutuhkan 1 jam perjalanan. Memang cuma 1 jam, tapi jalanannya berliku-liku, ditambah banyaknya turunan dan tanjakan yang tajam. Cuma mobil tertentu yang bisa melewati jalanan ini.

Ingat, berwisata di sini, sangat tidak disarankan untuk berenang di lautan, karena ombak di sini besar. Cukup main air di bibir pantai saja sembari menikmati pemandangan pantai yang memukau. Kegiatan lainnya di pantai ini adalah wisata kuliner. Di sini banyak warung yang menjual aneka hidangan laut dengan harga yang terjangkau. Jangan lupa, tanyakan harga tiap menu sebelum memesan.
Image: thonous11

Arung jeram soko
Nah, jika Anda senang main air tapi tidak ingin ke pantai, Anda bisa mencoba arum jeram di desa Tegalasri, Kecamatan Wlingi. Lokasi ini cocok bagi pemula. Selain rafting, Anda juga bermain kayak dan tubing. Nikmati serunya arus sungai sepanjang 9 km dengan pemandangan sawah dan pedesaan di sekitarnya. Di sini, Anda juga bisa camping dan mencoba kegiatan outbond lainnya.

Candi Sawentar
Candi yang baru kembali digali tahun 1915 ini, berada di Dukuh Kanigoro, Kecamatan Garum. Candi kecil ini, bisa dibilang cukup utuh jika dibandingkan dengan beberapa candi lainnya di Blitar. Diduga, candi ini dibangun untuk memuja Dewa Wishnu dan dibangun di awal masa Kerajaan Majapahit. Candi lainnya yang bisa Anda lihat dan kondisinya cukup baik adalah candi Penataran di desa Penataran.


Agrowisata Karangsari
Setelah berkeliling Blitar, mari segarkan diri dengan mencicipi manisnya buah belimbing di kawasan agrowisata Karangsari. Anda boleh memetik sendiri buah belimbing yang akan Anda beli. Selain buah segar, tersedia pula olahan belimbing lainnya seperti dodol belimbing, manisan, selai, sirup dan keripik belimbing. Pas, kan, untuk oleh-oleh ketika pulang nanti?
Image: belimbingkarangsari

4 tempat di atas hanyalah segelintir dari sekian banyak objek wisata di kawasan Blitar. Masih ada banyak tempat-tempat wisata menarik lainnya yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Nantikan informasinya di artikel selanjutnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar