Senin, 21 Desember 2015

Indahnya Wisata Kapal Karam di Perairan Indonesia


Siapa sangka, kapal yang telah lama karam ternyata bisa menjadi sebuah objek wisata yang menarik? Kebetulan, beberapa kapal ini karam di pantai-pantai terindah di Indonesia

Tulamben, Bali
Salah satu spot diving terbaik di sini adalah kapal milik negara Amerika, yaitu USAT (Unite State Army Transport) Liberty. Kapal yang mengangkut barang-barang kebutuhan militer Amerika ini, karam ketika Perang Dunia II berlangsung. Kapal ini awalnya ditemukan oleh warga setempat di tahun 70-an sudah dalam keadaan menjadi bagian dari terumbu karang. Objek wisata yang indah ini bisa Anda temukan di kedalaman 35 meter. Untuk lokasi tepatnya, berada di Kecamatan Kubu.
Image: actiontourbali

Pulau Weh
Di perairan ini, memang banyak spot diving yang sudah terkenal, salah satunya adalah Sophie Rickmers Wrek, kapal perang Jerman yang juga karam ketika Perang Dunia II. Kapal ini menjadi terumbu karang yang sangat subur dan menawan. Menyelam di sini, Anda bisa melihat ikan kerapu raksasa, bat fish dan marble rays. Oh, ya, spot ini hanya diperuntukan bagi Diver yang memiliki sertifikat tingkat lanjut, ya.


Bangka Belitung
Keindahan bawah laut perairan Belitung diperkaya dengan adanya kehidupan yang melekat pada kapal karam. Bahkan, menurut data, Belitung memiliki 40 spots wisata kapal karam. Beberapa kapal karam yang terkenal adalah Ashigara, kapal Jepang yang sangat besar. Kapal karam indah lainnya adalah yang dikenal dengan nama Jewel of Muscat dari Oman dan kapal Tek Sing Cargo.
Image: belitunginfo

Biak
Tepatnya, berada di Kepulauan Paidado. Kepulauan ini taman laut yang keindahan kelas atas. Maka tak heran, ya, kalau Paidado menjadi salah satu tujuan utama untuk snorkeling dan diving dunia. Yang menjadi spot favorit adalah Pulau Ureb dan Pulau Mansurbabo. Saking jernihnya, sinar matahari yang tembus, membuat dasar laut terlihat dengan jelas. Selain merupakan ekosistem koral terbesar di dunia, tak cuma ada wisata kapal karam di sini, tapi juga ada pesawat dan tank.

Karimun Jawa
Di sini, ada beberapa spot wisata kapal karam. Misalnya, di Pulau Genting, ada bangkai kapal milik Tiongkok yang menjadi tempat tinggal kawanan ikan badut. Kapal ini katanya terkait dengan adanya kuburan Tiongkok di sekitar sini. Bahkan katanya, di kapal ini ditemukan beberapa keramik kuno. Kapal lainnya ada di Pulau Kemujan yang menjadi spot diving favorit. Yuk, kita mampir ke Jawa Tengah.

Wah, jikalau kapal-kapal karam ini bisa membantu memperbaiki kehidupan biota laut dan meningkatkan kedatangan wisatawan, semoga saja ada yang berkenan membantu menaruh benda-benda bermafaat lainnya, ya.

1 komentar: