Jumat, 04 Desember 2015

Indahnya Panorama Bukit Purba Stone Garden Bandung


Anda berencana liburan ke Bandung? Sudah tahu belum, ingin ke mana? Jika belum memiliki referensi tempat wisata, saya merekomendasikan Bukit Stone Garden. Tempat wisata ini berada di Cipatat, Padalarang, Bandung. Bukit ini memiliki tinggi hingga 907 meter.

Dinamakan Stone Garden, karena di atas bukit ini terdapat hamparan tanah dengan beragam bentuk bebatuan, yang berserakan di antara ilalang dan rerumputan. Bukit ini dulunya adalah sebuah danau purba. Di bagian bawahnya, ada gua (Guha) Pawon, sebuah gua purbakala, yang di dalamnya pernah ditemukan fosil manusia purba (jikalau tidak salah, fosil ini masih tersimpan di sana sampai sekarang). Gua ini adalah salah satu sisa dari dinding danau Bandung purba.

Untuk mencapai puncak, Anda akan mendaki sejauh 1.5 km, maka siapkan stamina dengan baik jika ingin menyaksikan keindahan alam bukit Stone Garden ini. Kalau Anda sedang beruntung, ketika hiking di sini, Anda bisa menemukan fosil kerang.

Untuk bisa hiking di sini, biaya masuknya sangat murah. Tapi, kawasan wisata ini masih minim fasilitas, , yang sudah ada di sini barulah tempat parkir, warung jajanan, mushola dan toilet saja. Ada juga beberapa pondok kecil di antara bebatuan, yang hanya terbuat dari bambu untuk Anda beristirahat. Jika datang pada beberapa waktu mendatang, mungkin fasilitasnya akan jauh lebih baik karena lokasi wisata ini sedang dalam proses pengembangan.


Tips untuk Anda, gunakan pakaian yang tepat, karena di daerah bukit ini, sinar mataharinya sangat menyengat dan pakailah sepatu atau sandal gunung. Hati-hati dengan bawaan Anda, karena di sekitar gua Pawon banyak monyet berkeliaran dan sebaiknya monyet-monyet tidak didekati.

Image: maoels.blogspot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar