Jumat, 25 Desember 2015

Pulau Sombori Siap Saingi Raja Ampat


Mari mengenal Pulau Sombori, yang namanya mungkin masih asing di telinga Anda. Pulau ini berada di bagian selatan Teluk Tolo Kabupaten Morowali, di antara dua wilayah kecamatan, yakni Bungku Selatan dan Menui Kepulauan. Pulau Sombori adalah kawasan konservasi laut seluas 41.342 hektar. Terdapat beberapa pulau kecil di kawasan ini, sebagian di antaranya menjadi tempat tinggal bagi nelayan, selebihnya adalah pulau tak berpenghuni.

Dari Kendari, jika Anda memilih perjalanan darat, maka perjalanan Anda untuk tiba di Pelabuhan Lafeu memakan waktu sekitar 6 jam, dengan medan yang menantang. Setelahnya, akan kembali melewati jalur laut selama 1 jam untuk tiba di Pulau Sombori.

Keindahan pulau ini, telah diperkenalkan melalui Festival Bajo Pasakayyang pada bulan Oktober yang lalu dan keindahannya, disebut-sebut mampu menyaingi pesona Raja Ampat dan Bunaken.

Ketika memasuki kawasan Sombori, Anda akan disambut oleh tebing karang di kanan dan kiri, dengan lautan yang berombak. Barulah ketika masuk semakin dalam, hamparan lautan tenang nan memukau, menanti untuk Anda nikmati. Kawasan Sombori yang terdiri dari gugusan pulau karang yang menakjubkan, layaknya Raja Ampat. Ada yang hanya berupa karang menonjol, ada pula pulau karang besar yang ditumbuhi pepohonan yang rimbun. Pepohonan ini menjadi tempat bertengger burung-burung.

Pastinya, Sombori memiliki spot untuk Anda melakukan diving dan snorkeling, gua dan harta karun bawah laut. Jika beruntung, Anda bisa melihat gerombolan lumba-lumba atau hiu paus yang sedang mengejar ikan. Beribu hewan laut bisa Anda jumpai bertebaran di sekitar terumbu karang sehat.

Salah satu pulau kecil yang bisa Anda datangi di sekitar sini adalah Pulau Dua Laut di Telok Olo. Pulau ini mungil dan dikelilingi oleh pasir yang amat putih.


Siapkan perlengkapan menyelam Anda dan nikmati pesona Pulau Sombori di Morowali.

Image: festivalbajopasakayyang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar