Kamis, 03 Desember 2015

Berkemah di Pantai Sadranan yang Indah


Pantai Sadranan. Pantai ini menjadi tempat bagi nelayan sekitar untuk mencari nafkah. Sadranan juga menjadi lokasi melangsungkan kegiatan ritual keagamaan, bahkan kabarnya, nama Sadranan diambil dari kata ‘nyadran’, yaitu ritual sedekah laut, yang biasa dilakukan untuk berterimakasih pada Sang Pencipta, atas hasil laut yang berlimpah ruah. Selain itu, tentu saja pantai ini adalah lokasi wisata yang menarik.

Lokasi Pantai Sadranan berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta. Lokasinya cukup terpencil karena diapit oleh beberapa pantai sekaligus, seperti pantai Krakal, Sili dan Ngandong. Untuk mempermudah Anda menuju ke sini, ikuti saja jalur pantai Krakal.

Nama pantai Sadranan tengah naik daun, di akhir pekan dan kala musim libur tiba, pantai ini dipenuhi pengunjung, terutama muda-mudi. Pemandangan pasir putih dan lautan yang biru jernih, sudah pasti menjadi daya tarik pantai ini. Banyak pengunjung kini menikmati pantai Sadranan sebagai lokasi snorkeling, melihat langsung indahnya ikan-ikan kecil yang berenang di sela terumbu karang di sekitar bibir pantai.

Spot favorit snorkeling di sini adalah di Watu Pecah dan Kali Senggoro. Adapun jenis-jenis ikan yang bisa Anda lihat, misalnya ikan Kepe–Kepe, Areng–Areng, Morish Idol, Botana Kuning, Botana Achilles, Ikan Lepu, Kerondong (Belut Moray), anakan Kerapu, Belanak, Muniran/ Pajung Pari, ikan Buntal dan ikan Neon. Di antaranya adalah ikan langka.

Namun perlu diingat, jika Anda ingin berenang atau melakukan snorkeling di sini, ada waktu-tertentu, ya. Tunggulah ketika air sedang surut, misalnya di pagi atau sore hari. Karena pantai Sadranan memiliki ombak yang cukup besar dan bisa membahayakan. Jika belum bisa snorkeling, di sini ada jasa penyewaan perlengkapan snorkeling, lengkap dengan jasa instrukturnya.

Puas berenang dan snorkeling, jika masih betah berada di sini, Anda bisa berkemah di malam hari. Bisa dengan membawa perlengkapan tenda sendiri atau menyewa, jika ingin lebih praktis. Biayanya pun terjangkau. Nikmati indahnya malam bertabur bintang di pantai Sadranan.


Sayang sekali, belum lama ini, pantai Sadranan mengalami longsor yang memakan korban, namun bencara tersebut tak menjadikan pantai indah ini kehilangan pengunjungnya. Tips untuk Anda, pertama, berhatilah-hatilah ketika berenang, jangan menginjak terumbu karang dan hindari berteduh langsung di dinding tebing.

Image: kabarhandayani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar