Jumat, 11 Desember 2015

Pantai Ngetun Pantai Tersembunyi di Gunungkidul


Pantai Ngetun, secara administratif, pantai ini berada di dusun Sureng, desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini tepat bagi Anda yang menginginkan berlibur dengan suasana yang tenang dan sepi, karena pantai ini masih jarang dikunjungi wisatawan. Oh, ya, pantai ini sebaiknya dikunjungi bagi para penyuka petualangan, ya.

Pantai terpencil ini, lokasinya tak jauh dari pantai Timang, pantai yang terkenal dengan tangkapan lobsternya. Pantai Ngetun berada di sebelah baratnya.

Bukan hal yang gampang untuk sampai ke pantai ini. Belum ada papan-papan penunjuk jalan menuju ke sini. Dari informasi yang didapat, untuk mempermudah Anda, dari desa Sureng, carilah SDN IV Tepus dan ikuti jalan yang sudah dicor. Belum berhenti di situ, Anda masih harus melewati 2 desa lagi dengan jalan berbatu yang sulit dilewati. Jalan ini bisa dilewati oleh motor. Tentu saja, motor yang Anda tumpangi juga harus dalam keadaan yang prima. Supaya tidak tersasar, jangan segan untuk bertanya dengan warga setempat, ya.

Sebelum mencapai bibir pantai, nikmati mata air nan sejuk di tengah hutan hijau yang rindang. Nikmati pesona pantai Ngetun, pasirnya putih bersih, airnya jernih. Tebing-tebing gagah mengapit di kanan-kirinya, ditambah dengan hutan yang rimbun.

Tebing-tebing ini biasa dimanfaatkan warga untuk memancing lobster. Bibir pantainya pun dipenuhi karang yang menjadi tempat persembunyian lobster dan ikan-ikan kecil. Sesekali, kabarnya Anda bisa melihat penyu sedang bertelur di sini.

Jika ingin bersantai di sini, jangan lupa untuk membawa bekal Anda, ya, karena tidak ada penjual makanan dan minuman di sekitar sini.


Image: gedangsari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar