Selasa, 08 Desember 2015

Menikmati Telaga Payau di Pantai Lembupurwo


Pantai Lembupurwo adalah salah satu objek wisata di Kebumen yang sayang jika dilewatkan. Pantai ini berada di Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen. Lembupurwo berjarak 30 km kearah tenggara Kota Kebumen dan sekitar 1 km dari jalan raya alternatif Kebumen atau jalan Daendels.

Memang, tak seperti di Bali atau pun Lombok, pantai Lembupurwo tak memiliki pasir putih mengilat, pasir di sini berwarna kehitaman. Ada pun hal yang menjadikannya istimewa adalah pantai Lembupurwo memiliki laguna, telaga air payau di dekat pantai, yang dipisahkan oleh hutan. Pantai ini juga memiliki pasir yang masih aktif.

Pantai ini akan padat pengunjung ketika hari libur tiba, biasanya yang datang adalah keluarga. Cukup banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini. Selain menikmati laguna, di sini banyak tersedia warung jajanan meskipun masih sangat sederhana. Pohon cemara yang berjajar menambah keasrian suasana. Suasana sejuk menjadikan pengunjung betah duduk-duduk di sekitar pantai, bahkan ada pula yang berkemah.Tersedia flying fox untuk Anda menikmati pemandangan dari atas atau nikmati sekadar berjalan-jalan di sekitar hutan mangrove.

Anda juga bisa berkeliling dengan perahu genjot ataupun menyewa perahu milik nelayan. Di pantai ini juga terdapat lokasi konservasi penyu, karena banyaknya penyu yang bertelur di kawasan pantai ini.

Jika Anda berkunjung ke sini seminggu setelah lebaran Idul Fitri tiba, Anda bisa melihat ritual yang biasa dilakukan warga setempat, yaitu Grebeg Rowo. Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas sekitar, seperti sate ambal, es kuwut, ataupun dawet ireng

Biaya untuk berwisata di pantai ini tak mahal, Anda hanya perlu membayar biaya parkir saja.


Image: diasporaiqbal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar