Rabu, 09 Desember 2015

Pohon Tunggal si Ikon Pantai Pok Tunggal


Pantai Pok Tunggal, berada di desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Pantai Pok Tunggal yang terletak di antara pantai Indrayanti dan pantai Siungi ini, adalah salah satu dari sederetan pantai menawan di kawasan Gunungkidul. Untuk sampai ke pantai ini, bukanlah perkara mudah. Perjalanan yang ditempuh cukup jauh dan sulit, jalanannya masih sempit, berkelok-kelok dan berbatu.

Lelah Anda akan terbayar ketika sampai di pantai ini. Keindahan pantai Pok Tunggal akan menyambut Anda, selain dari pantainya yang bersih dan airnya yang biru jernih, ditambah dengan tebing-tebing karang yang membelakangi pantai dengan gagahnya. Payung berwarna-warni di sekitar pantai juga menambah cantik panorama.

Ada yang unik dari pantai, yaitu adanya sebatang pohon duras yang sangat rindang tumbuh di bibir pantai. Pohon yang kabarnya sulit sekali tumbuh ini kini menjadi ikon dari pantai Pok Tunggal. Dari situ pula diambil nama pantai ini. Pohon ini sangat dijaga masyarakat, sekaligus pula menjadi lambang kemakmuran mereka, jadi jangan coba-coba untuk memanjat pohon ini, ya.

Pantai Pok Tunggal juga memiliki mata air tawar, yang berasal dari bawah tanah. Air tawar ini biasa digunakan warga setempat untuk kebutuhan sehari-hari dan kegiatan berjualan di sekitar pantai. Di tebing-tebing sekitar pantai hidup kawanan kera. Melihat indahnya pemandangan matahari terbenam. Di pantai ini tak hanya kedatangan wisatawan lokal dari tapi juga turis asing ini, Anda bisa berkemah. Jika kita tidak membawa perlengkapan berkemah, kita bisa menyewa milik warga.

Jika tidak ingin bermalam di sini, sebaiknya Anda tidak pulang di malam hari karena jalanan sempit tadi belum memiliki penerangan dan bisa membahayakan.

Image: jogjakini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar