Minggu, 06 Desember 2015

Pilihan Wisata di Kebumen




Kebumen, pada bagian utaranya merupakan pegunungan dan perbukitan, sementara itu, di bagian barat terdapat pegunungan kapur yang membujur hingga ke pantai selatan. Kawasan ini memiliki lebih dari seratus gua. Maka tak heran, jika Kebumen memiliki banyak tempat sebagai objek wisata.

Goa Jatijajar
Adalah tempat bertualang yang indah di dalam perut bumi. Gua ini menyimpan sebuah kisah, yang berhubungan dengan tempat bersemedi dari Raden Kamandaka yang kemudian dikenal dengan nama Lutung Kasarung. Memasuki gua ini, Anda akan menyaksikan pemandangan batuan stalaktit dan stalakmit yang semakin menawan ketika dipadukan dengan lampu-lampu. Di dalamnya, ada pula mata air atau sendang. Salah satunya, sendang mawar, memiliki air yang dipercaya mampu membuat seseorang awet muda.
Image: dinarardy

Pantai Lembupurwo
Memang, pantai ini tak memiliki pasir putih nan mengilat seperti pantai-pantai yang ada di Bali. Pasir di Lembupurwo hitam. Keunikan dari objek wisata ini adalah adanya laguna yang terbentuk karena aliran sungai. Pantai unik ini berada di Kecamatan Mirit. Laguna tersebut berair payau, dan sekitarnya ditumbuhi dengan pepohonan cemara yang rindang. Kabarnya, Anda bisa melakukan sandboarding di pantai ini. Daerah ini terkenal dengan sajian khas nya yaitu tempe mendoan dan rempeyek undur-undur.


Benteng Van der Wijk
Anda yang senang wisata sejarah, bolehlah berkunjung ke sini. Benteng ini adalah benteng pertahanan Hindia Belanda yang dibangun pada abad ke 18. Di benteng ini, Anda bisa melihat sekilas peristiwa yang dulu terjadi di sini, cukuplah, untuk menambah pengetahuan mengenai sejarah bangsa kita. Selain belajar sejarah, di benteng ini kini beberapa permainan yang pastinya membuat anak-anak akan betah berada di sini.
Image: hmkunsoed

Arung jeram Padegolan
Berlokasi di waduk Wadas Lintang, Kecamatan Prembun. Rafting di sini, berawal di desa Sendang Dalem dan berakhir di bendungan Pejengkolan, jalurnya tak terlalu panjang, hanya 7 km saja dan bagi Anda penyuka arus yang ‘liar’, ini bukanlah lokasi yang begitu menantang. Menantang arus di sini, Anda sekaligus akan dimanjakan dengan pemandangan alam sekitar.


Wah, seru, ya, berwisata di Kebumen? Jika Anda punya informasi mengenai objek wisata menarik di Kebumen lainnya, silakan share.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar