Senin, 07 Desember 2015

Gua-gua Indah dan Terkenal di Indonesia




Indonesia memang kaya akan objek-objek wisata. Sebutlah pantai indah dengan jumlah yang luar biasa banyak, pegunungan, danau dan tak terkecuali gua. Banyak sekali gua cantik di Indonesia, di antaranya bahkan menyandang predikat gua tercantik. Nah, bagi pencinta alam, berikut nama beberapa gua indah yang bisa Anda kunjungi.

Gua Gong
Gua ini terletak di desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan. Seperti yang kita ketahui, Pacitan memang terkenal dengan gua yang banyak. Gua Gong memiliki stalaktit dan stalakmit yang begitu indah. Objek wisata ini semakin indah dengan pemberian lampu yang berwarna-warni. Gua Gong juga dirawat dan difasilitasi dengan baik.
Image: misteraladin

Gua Jatijajar
Gua Jatijajar juga memiliki stalaktit dan stalakmit yang begitu indah, beberapa di antaranya bahkan menyatu dan membentuk pilar-pilar yang megah. Selain lampu-lampu cantik, di dalam gua yang ditemukan oleh seorang petani ini disertakan beberapa patung yang mengisahkan sebuah cerita lama yang berkembang di masyarakat sekitat, yaitu tentang Raden Kamandaka atau yang lebih terkenal dengan sebutan Lutung Kasarung. Gua Jatijajar memiliki beberapa sendang (mata air) di dalamnya. Beberapa di antaranya, kabarnya tak pernah kering. Salah satunya, memiliki mata air yang dipercaya mampu membuat seseorang menjadi awet muda.

Gua Jomblang
Gua ini adalah 1 di antara ratusan gua lainnya yang berada di kompleks Gua Gunungkidul. Gua Jomblang adalah gua vertikal, sehingga tak sembarang wisatawan bisa memasuki gua ini, hanya mereka yang terlatih dan wajib menggunakan perlengkapan khusus. Yang membuatnya berbeda adalah adanya hutan purba di bagian dasarnya. Hutan ini tetap ada karena sinat matahari yang tembus ke dalamnya. Dari gua ini, Anda bisa tembus hingga ke gua Grubug, di mana Anda bisa melihat cantiknya pemandangan dari cahaya yang masuk. Untuk melihat cahaya ini, datanglah di sekitar jam 10-12 siang.
Image: swaragamafm

Gua Maharani
Tepatnya, gua ini berada di Kecamatan Paciran, Lamongan. Daya tariknya, sudah pasti stalaktit dan stalakmitnya. Kecantikan gua ini disandingkan dengan gua indah Altamira di Spanyol, Gua Mamonth di Amerika dan Carlsbad di Perancis.

Gua Surupan
Gua yang 1 ini sudah terkenal di antara pecinta alam dan peneliti hingga ke mancanegara.
Gua surupan, seperti gua lainnya, memiliki batuan yang begitu cantik di dalamnya. Keunikannya adalah adanya sungai bawah tanah dengan arus yang cukup deras. Di gua ini pula hidup beberapa jenis hewan seperti keleawar, burung wallet, udang, ikan pelus dan kura-kura endemik.

Itulah 5 dari beberapa gua yang paling terkenal dan terindah di Indonesia. Masih ada ratusan gua lainnya yang bisa Anda kunjungi dan nikmati keindahannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar