Senin, 30 November 2015

Indahnya Laut Pulau Bair di Tual


Kota Tual, mungkin namanya asing di telinga Anda, atau bahkan mungkin Anda belum pernah mendengarnya, kan? Kota ini memang terpencil, tapi siapa sangka, kota Tual memiliki objek wisata yang sangat menarik, yaitu pulau Bair. Untuk menuju ke pulau ini, dari pusat kota Tual, ke desa Dullah Darat selama setengah jam dengan motor atau mobil. Kemudian, Anda melanjutkan perjalanan dengan menyewa speedboat selama 1 jam, harga yang ditawarkan beragam.

Pulau Bair memiliki pasir putih bersih. Airnya bening sekali dengan warna kehijauan. Saking jernihnya, terumbu karang di bawahnya akan langsung terlihat. Yang menambah menarik, pulau ini memiliki 2 teluk, hutan mangrove dan dikelilingi tebing dengan pepohonan yang rindang. Pulau Bair juga menjadi tempat tinggal bagi anakan hiu jenis blackpit. Jika air laut sedang surut atau meti (istilah masyarakat setempat), maka akan ada ‘ekstra’ pantai. 

Pulau Bair sering disebut-sebut sebagai miniaturnya Raja Ampat, yang membuatnya mirip ialah banyaknya tebing batu tersebut. Objek wisata kota Tual lainnya adalah pulau Kei yang semakin hari semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara..

Bagi para pengunjung pulau Bair, Anda sangat disarankan untuk membawa kantong sampah dan bawa pulang sampah Anda, untuk membantu menjaga kebersihan pulau ini. Sedangkan waktu terbaik untuk mengungjungi pulau ini adalah di musim timur, yaitu di antara bulan Maret hingga Agustus, karena di waktu ini, ombak dalam kondisi tenang.

Sayangnya, belum banyak informasi tersedia mengenai pulau cantik yang satu ini, mungkin bisa Anda jadikan tujuan berlibur selanjutnya. Nikmati panoramanya dan tuliskan secarik informasi mengenai pulau ini agar namanya lebih terkenal lagi.


Image: pinsta.me

Tidak ada komentar:

Posting Komentar