Minggu, 29 November 2015

Pemandangan Geopark Ciletuh Indah Bak Lukisan


Anda mungkin bosan jika liburan lagi-lagi ke kota besar, melihat pantai dan lautan atau belanja di mal mewah. Sesekali, manjakan mata Anda dengan melihat pemandangan gunung nan menghijau. Salah satu yang direkomendasikan adalah geopark ciletuh atau taman alam batuan tua Ciletuh yang tepatnya ada di Kecamatan Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat. Jika Anda berkendara dari Jakarta, cukup menempuh waktu selama 3 jam saja.

Perjalanan untuk menuju ke sini, bukan ‘perkara’ mudah, karena jalanannya sempit dan belum terlalu baik.

Berkunjung kemari, Anda bakal disuguhkan dengan pemandangan hamparan tebing batu karang dan air terjun dalam jumlah yang banyak, ditambah dengan pantai. Konon, dulu kawasan ini adalah lautan. Kawasan ini luas sekali, kabarnya, mencakup hingga beberapa desa.

Jika ingin berwisata di sini, Anda akan disuguhkan dengan paket wisata. Salah satu yang saya dapatkan infonya, paket tersebut berisi berkeliling batuan alam tua, berkeliling di pedesaan sekitar termasuk biaya menginap (homestay) dan melihat atraksi kesenian Sunda. Kegiatan lainnya adalah melihat pembuatan olahan makanan secara tradisional dan melihat air terjun yang ada di dalam kawasan ini. tidak tanggung-tanggung, Anda akan mengunjungi 10 air terjun sekaligus.

Selain pegunungan, beberapa pulau di sekitar kawasan ini bisa diraih dengan cukup mudah. Di antaranya adalah Pulau Mandra, Pulau Kunti dan Pulau Manuk. Untuk mencapai pulau-pulau ini Anda bisa menumpang kapal milik nelayan.

Jika tidak mendapatkan fasilitas menginap, Anda bisa menyewa langsung rumah warga dengan tarif yang beragam. Selebihnya, belum ada fasilitas penginapan lainnya di sini.


Mereka yang sudah pernah mengunjungi geopark ini, mengatakan bahwa pemandangan di sini bak lukisan.

Image: siloka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar