Sabtu, 28 November 2015

Wisata Alam dan Sejarah di Pulau Sangiang


Pulau Sangiang adalah pulau kecil yang berada di antara pulau Jawa dan Sumatra, yaitu selat Sunda. Secara administratif, pulau ini berada dalam Kabupaten Serang, Banten. Tepatnya lagi, Sangiang ada di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer. Dari Anyer, untuk sampai ke pulau ini hanya membutuhkan waktu 45 menit dengan perahu motor.

Awalnya, pulau Sangiang adalah kawasan cagar alam, yang luasnya mencapai 700,35 Ha. Pada tahun 1991, fungsi pulau ini diubah menjadi taman wisata alam laut, dengan luas yang lebih lebar lagi dan di tahun 1993, kembali berubah fungsi menjadi taman wisata alam yang memiliki banyak sekali fasilitas. Namun sayangnya, karena memiliki kendala, fasilitas ini tak lagi ada.

Tentu saja pemandangan alamnya adalah daya tarik utama di pulau ini. Seperti kebanyakan pantai di Indonesia, pulau Sangiang memiliki pasir indah dan air laut yang biru jernih, yang menjadi ciri khas pulau Sangiang adalah banyaknya karang dan pasirnya yang kecokelatan. Pulau ini juga menjadi tempat tinggal bagi beberapa jenis tumbuhan dan hewan langka. Tebing batu yang menjulang dan ditumbuhi pepohonan tentunya menambah keindahan. Daya tarik lainnya adalah peninggalan sejarah Perang Dunia II, berupa benteng pertahanan Jepang. Konon, penjajah menimbun hartanya di pulau ini sebelum diangkut ke negara mereka.

Beragam kegiatan bisa Anda lakukan di sini, seperi snorkeling, diving dan berenang. Jikalau ingin menikmati indahnya terumbu karang tanpa harus basah-basahan pun, di sini tersedia wisata dengan glass bottom boat. Anda juga bisa trekking atau sekadar memotret alam pulau Sangiang yang begitu memesona.


Oh, ya, tips untuk Anda, jika ingin melakukan snorkeling di sini, sebaiknya di siang atau sore hari, ya, karena di pagi hari, ombak cukup besar. Masih ada beberapa objek wisata lainnya di pulau ini dan sekitarnya. Misalnya, Lagoon Bajo untuk lokasi snorkeling, gua kelelawar dan pantai Pasir Panjang. Semuanya seru dan keren untuk dikunjungi.

Image: kangewon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar