Senin, 16 November 2015

Berselancar di Pantai Krakal Nan Indah


Jika berlibur di Jogja, jangan lupa mengunjungi pantai Krakal. Pantai Krakal adalah salah satu pantai paling terkenal di Jogja dan disebut-sebut sebagai pantai paling cantik dalam deretan pantai Gunung Kidul. Tepatnya, pantai ini berlokasi di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, bersebelahan dengan pantai Sundak. Untuk sampai ke sini, Anda mesti berkendara sekitar 2,5 jam dari pusat kota Jogja.

Airnya jernih, pasirnya putih bersih. Karang-karang besar berserakan di bibir pantai, dan menjadi rumah bagi beberapa hewan laut, seperti damselfish , ikan kepe-kepe (butterflyfish), ikan kecil lainnya dan bintang laut. Pantai ini terbilang cukup sepi. Sesekali, Anda akan melihat nelayan melintas, mencari tempat yang tepat untuk melempar kail. Beberapa di antaranya menyelam di perairan dangkal untuk mencari umbal, hewan kecil yang hidup melekat di batu. Oleh warga setempat, umbal ini biasanya diolah menjadi rempeyek yang nikmat.

Selain terkenal akan keindahannya, pantai Krakal juga memiliki ombak yang cocok untuk bermain selancar, yaitu ombak tipe reef break. Pantai ini sering dijadikan arena berlatih. Tapi karena dasar lautnya dipenuhi oleh batu karang yang tajam, Anda harus ekstra hati-hati. Selain itu, Anda juga mesti mewaspadai banyaknya landak laut dan ubur-ubur di sini. Waktu terbaik untuk bermain selancar di sini adalah pada musim kemarau, atau di antara bulan Maret dan September. Pada musim ini memungkinkan adanya ombak barrel.

Untuk memasuki kawasan ini, ada biayanya, yaitu Rp 10.000 per orang. Harga ini mencakup seluruh pantai yang ada di kawasan Gunung Kidul ini. Murah, kan? Untuk beristirahat menikmati semilir angin, tersedia pondok-pondok kecil untuk Anda duduk. Warung makan juga tersedia dengan pilihan yang cukup beragam. Selain makanan, di sini juga banyak dijual aneka olahan hasil laut. Oh, ya, jika ingin bermain selancar, Anda mesti membawa peralatan Anda sendiri, ya, karena di sini belum ada yang menyediakan jasa sewanya.

Ingin berlama-lama menikmati indahnya pantai Krakal? Tenang saja, di kawasan ini sudah tersedia penginapan, kok.


image: riyanaryadhitya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar