Rabu, 11 November 2015

Tempat-tempat Pemandian Air Panas di Indonesia (Part 1)



Mandi air hangat, apalagi setelah lelah bekerja, wah, pastilah menjadikan tubuh lebih relaks, ya. Istirahat pun akan terasa lebih nyenyak. Ditambah lagi, air di beberapa lokasi pemandaian ini dipercaya bisa menyembuhkan beragam penyakit, seperti gangguan kulit, rematik, gangguan syaraf, tulang, stroke, dsb.

Pemandian air panas Ciater
Berada di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Pemandian ini juga banyak didatangi oleh turis mancanegara. Air panas di kawasan ini adalah air yang berasal dari kawah aktif gunung Tangkuban Perahu. Ada sebuah kisah di balik lokasi ini, konon kabarnya, pada tahun 60-an, ada seorang kakek sakti yang berusaha membuka hutan. Hutan yang tadinya dianggap angker tersebut, akhirnya berhasil dijadikan pemukiman warga dan diberi nama Ciater, yang artinya air yang memancar.

Untuk menikmati air hangat di sini, Anda akan dikenakan biaya masuk dan untuk ke kolam air hangatnya, dikenakan biaya terpisah. Fasilitas penginapan di kawasan ini sudah memadai.
Image: mygetinfo

Tirta Sanita Hot Spring
Berlokasi di Parung, Bogor, Anda bisa menikmati kolam air hangat di Tirta Sanita Hot Spring. Air panas yang ada di sini, berasal dari gunung kapur Ciseeng. Biaya masuk ke tempat ini murah. Selain itu, untuk Anda yang merasa tak nyaman berendam bersama-sama dengan orang lain, tersedia kamar berendam khusus. Fasilitas, seperti tempat makan dan penginapan juga sudah tersedia.


Banyuwedang
Pemandian air panas Banyuwedang, bertempat di Kabupaten Buleleng, Bali. Air di sini mencapai 40 derajat. Tidak cuma menikmati air hangat, tapi pemandangan di sekitarnya juga sangat asri. Kawasan ini juga banyak didatangi oleh warga asing. Sama dengan Tirta Sanita Hot Spring, di pemandian ini juga menyediakan kolam pribadi.
Image: anythingbali

Air panas Suban
Ini adalah salah satu objek wisata favorit warga Rejang Lebong, Bengkulu. Berendam air hangat di sini artinya sekalian memanjakan mata Anda dengan indahnya pemandangan gunung nan hijau. Selain itu, tak jauh dari tempat ini, Anda juga bisa melihat air terjun setinggi 15 meter.

Gunung Pancar
Berada di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasi pemandian air hangat ini berada di tengah-tengah hutan pinus. Kolamnya ditata dengan menarik dan memiliki lokasi pribadi pula. Serunya lagi, jika Anda ingin mencoba perawatan kulit dan mengobati jerawat, di sini tersedia masker Lumpur.

Sesekali menjajal mandi air hangat di alam terbuka seperti ini, boleh juga, ya..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar