Rabu, 25 November 2015

Berlatih Selancar di Pantai Pancer Door


Pacitan memang terkenal dengan pantainya. Selain jumlahnya yang banyak, pantai-pantainya pun memiliki keindahan yang luar biasa. Tak cuma enak dipandang, pantai-pantai di sini bisa untuk bermain selancar segala, loh. Mari kita ulas salah satunya, yaitu pantai Pancer, atau Pancer Door.

Jika beranjak dari pusat kota Pacitan, pantai ini dapat ditempuh dengan waktu sekitar 15 menit, karena jaraknya hanya 3 KM saja. Tepatnya, ada di desa Sidoharjo, Kecamatan Pacitan. Tak sulit dicari, pantai ini berdampingan dengan pantai Teleng Ria yang tersohor itu.

Meski sebaris, tapi ombak yang ada di 2 pantai ini berbeda. Ombak di pantai Teleng Ria cukup tenang, sedangkan di pantai Pancer, ombaknya lebih besar. Cocok untuk Anda yang ingin belajar bermain selancar. Ada dua ombak yang terdapat di Pantai Pancer ini, yakni ombak bertipe beach break dan ombak bertipe river mouth break, dengan dasar laut berpasir. Biasanya, turis asing yang berselancar di sini.

Pantai Pancer juga seru untuk dinikmati keindahannya. Pantai ini masih sepi sehingga menjadi tempat yang pas untuk bersantai. Sepanjang pantainya ditumbuhi pohon cemara yang rimbun, pohon kelapa yang berjajar rapi dan hamparan padang rumput. Cocok untuk duduk bersantai dan berfoto sambil menunggu waktu matahari terbenam.

Selain itu di ujung pantai ini terdapat sungai yang biasa digunakan untuk berenang. Di bulan Februari, biasanya diadakan lomba dayung di sungai ini.

Karena area wisata ini semakin berkembang, maka pemerintah terus berupaya meningkatkan fasilitasnya. Di sini, Anda bisa menjumpai taman kota yang memiliki beragam fasilitas. Misalnya, ada tempat bermain anak, ada tempat untuk berkemah, juga ada fasilitas olahraga seperti lapangan volley dan arena skateboard, walaupun tidak besar. Tapi cukup lengkap, kan? Oh, ya, di sini juga ada geopark.


Di kawasan pantai Pancer ini Anda sudah bisa menginap, ada beberapa homestay yang bisa disewa. Asyiknya lagi, di sini sudah ada yang menyediakan jasa penyewaan surfing board hingga pelatihannya. Jadi, tidak perlu khawatir jika tidak membawa papan selanncar sendiri.

Image: twicsy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar