Jumat, 20 November 2015

Daftar Festival yang Akan Diadakan di Bulan Desember


Melihat di internet, di negara lain banyak yang memiliki festival unik dan seru. Ingin rasanya melihat langsung ke sana. Tapi sebelum melancong ke negeri orang, coba search lagi, mungkin di tempat kita sendiri juga ada festival menarik yang bisa Anda kunjungi. Nah, di bulan Desember ini, kira-kira ada festival apa saja, ya?

Festival Budaya Cianjur
Festival ini menjadi ajang pertunjukan hasil karya seminal lokal. Festival ini dianggap sakral, karena hanya di kegiatan ini, tarian kuda kosong dipertontonkan. Selama pertunjukan, kuda kosong akan diarak keliling kota Cianjur.
Image: hallocianjur

Festival Pembaca Indonesia
Para penggemar buku, nih, ada acara untuk kalian. Bertemakan ‘Reading, Caring, Sharing’, festival ini akan diadakan Jakarta, tepatnya di Jalan Gatot Subroto. Acara ini akan dihadiri juga oleh berbagai penerbit, penulis, komunitas pencinta buku.

Borobudur Jazz Festival
Atau disebut juga dengan Magelang Jazz Festival. Apa, sih, yang membedakan acara musik ini dengan yang biasa diadakan di Jakarta? Pertama, acara musik di sini hanya menampilkan penyanyi atau band lokal saja, tapi tetap penyanyi kenamaan, loh. Ke dua, panggung acara berlatar belakang candi Borobudur yang menakjubkan itu..

Festival Danau Sentarum
Lokasi festival berada Kabupaten Kapuas Hulu, dengan tujuan untuk melestarikan kekayaan alam Taman Nasional Danau Sentarum. Kegiatan ini akan berlangsung selama beberapa hari, karena acaranya cukup banyak. Di antaranya adalah menjelajah taman nasional, upacara adat, pameran potensi dan wisata. Ada juga beberapa jenis perlombaan.
Image: mongabay

Festival Kuwung
Festival kuwung adalah pawai tahunan yang memamerkan keaslian Banyuwangi, baik dari sisi kekayaan budaya, adat maupun potensi unggulan yang ditampilkan oleh perwakilan dari 24 Kecamatan se-Kabupaten Banyuwangi. Sebanyak seribu orang peserta akan berpawai melintasi sepanjang jalan protokol sejauh 2 kilometer. Festival kuwung juga dimeriahkan dengan parade mobil hias. Potensi lokal, seperti kerajinan maupun destinasi wisata juga ada dalam festival kuwung. Kemeriahan festival akan semakin semarak dengan iringan musik khas.


Memang, ternyata tak di semua daerah memiliki festival di bulan Desember ini, mungkin di bulan lain masih ada festival lain yang bisa kita kunjungi. Sambil jalan-jalan, sambil menikmati festival, seru, nih!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar