Sabtu, 21 November 2015

Perpaduan Pantai dan Air Terjun di Banyu Tibo


Bicara mengenai objek wisata di Pacitan, rasanya seakan memang tidak ada habisnya. Sampai-sampai, kota ini dijuluki dengan nama Kota Seribu Goa. Tak hanya gua, Pacitan juga terkenal denga deretan pantainya yang menawan. Anda warga Pacitan, patutnya berbangga hati, ya, karena memiliki kekayaan alam yang berlimpah ruah seperti ini.

Salah satu pantai menawan tersebut adalah Banyu Tibo yang berlokasi di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo. Pantai yang satu ini tak cuma cantik tapi juga unik, karena memiliki air terjun tepat di pinggir pantai. Air terjun inilah yang menjadi daya tarik utama wisata pantai Banyu Tibo. Airnya tawar, yaitu berasal dari sumber air bawah tanah di pegunungan karst yang berada di sekitar pantai.

Pantai ini sangat kecil, hanya bagian yang diapit oleh tebing karst saja. Bahkan jika air sedang pasang, pantai mungkin ini seakan lenyap, sehingga keindahan Banyu Tibo hanya bisa ditengok dari atas tebing saja. Jadi, jika ingin menikmati cantiknya pantai dan air terjun di sini, pastikan Anda datang pada saat yang tepat, ya.

Kegiatan lain di pantai mungil ini adalah memancing. Tapi kegiatan memancing di sini, biasanya dilakukan warga di malam hari. Di siang hari, nelayan setempat biasanya duduk bersantai di pondokan sekitar pantai.

Meski terpencil dan sepi, untuk menuju ke pantai ini tak sulit, rutenya sama dengan arah pantai Klayar. Untuk sampai ke sini, bisa dengan mobil tapi hanya sebatas di jalan besarnya saja, selebihnya, Anda cuma bisa jalan kaki. Atau, jika tak ingin lelah, bisa membayar jasa penduduk sekitar untuk diantarkan dengan motor.

Belum ada fasilitas apa pun di tempat wisata ini, karena memang kabarnya, Banyu Tibo belum dikembangkan sebagai objek wisata. Belum ada toilet umum, bahkan warung pun tidak ada. Jadi, jika ingin berkunjung ke sini, jangan lupa untuk membawa makanan dan minuman Anda, ya, dan kalau ingin berlama-lama di sini, Anda bisa berkemah di sekitar tebing atau menginap di rumah-rumah warga.


Mungkin karena lokasi yang terbatas, sehinnga kawasan ini tidak dikembangkan. Sayang sekali, ya, padahal Banyu Tibo begitu indah.

Image: kkpnews.kkp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar