Senin, 09 November 2015

Berwisata di Padang Rumput Taman Nasional Baluran


Taman Nasional Baluran, berlokasi di kawasan Banyuputih, Situbondo, setelah utara Kabupaten Banyuwangi. Taman nasional ini adalah bagian dari perwakilan ekosistem hutan di Pulau Jawa, seperti savanna, hutan mangrove, hutan pantai, hutan musim dan hutan rawa.

Nama taman nasional ini, diambil dari nama gunung yang ada di sekitarnya, yaitu gunung Baluran. Gunung ini sudah tak lagi aktif, sehingga aman. Mengapit di sebelahnya, ada gunung Ijen dan Semeru. Di taman ini, terdapat sekitar 444 jenis tumbuhan, yang di antaranya adalah tumbuhan endemik. Contoh, tanaman widoro bukol atau mamba.

Sedangkan untuk hewan, taman nasional ini menjadi rumah bagi 155 jenis burung , sebagiannya adalah golongan yang langka, seperti bangau tong-tong, kangkareng dan ayam hutan merah. Hidup pula di sini 26 jenis satwa lainnya, seperti kucing bakau, kancil, macan tutul, kerbau liar, kijang dan rusa. Terdapat pula banteng, yang sekaligus menjadi ikon taman nasional ini.

Dengan kondisi lahan kering yang membentang, dan banyaknya hewan yang hidup di sini, maka tak jarang, Taman Nasional Baluran, disebut-sebut mirip dengan Afrika. Maka untuk Anda yang senang bertualang dan sangat ingin melihat ‘liar’nya Afrika, mungkin Anda bisa berwisata ke sini.

Di taman yang begitu luas ini, terdapat beberapa pos pengamatan, misalnya pos pengamatan Bekol Savannah. Pos in menjadi tempat mengamati ayam hutan, banteng, rusa, kerbau liar dan burung merak. Sedangkan jika Anda ingin kegiatan di air, Anda bisa mengunjungi pantai Bama, yang memang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan memancing atau snorkeling. Di pantai ini pun banyak ditinggali hewan, misalnya kera atau rusa. Keindahan taman nasional ini juga menjadi incaran para fotografer, disarankan, jika anda ingin mengambil foto di kawasan ini, datanglah di awal hari.

‘Replika’ Afrika ini juga memiliki spot untuk Anda berkemah. Toilet dan sumber air sudah disediakan dengan baik di sini.


Jika Anda datang dari luar Jawa Timur, maka lokasi tujuan pertama Anda untuk ke sini adalah Kota Surabaya. Jalan menuju lokasi ini sudah baik. Sebagai tips, jika ingin ke sini, jangan menggunakan mobil kecil. Ada pun waktu yang baik untuk mengunjungi kawasan ini, yaitu di antara bulan Maret hingga Agustus. Bawalah perbekalan Anda, karena belum ada fasilitas untuk rumah makan di sini. Juga jangan lupa membawa kantong sampah, supaya Anda tidak mengotori kawasan ini, ya.

Image: travel.kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar