Kamis, 26 November 2015

Melihat Lembang dari Puncak Gunung Batu Lembang


Bagi para pencinta alam, mungkin bisa memilih Lembang sebagai tujuan berwisata. Salah satu objek wisatanya adalah gunung Batu Lembang. Sesuai dengan namanya, gunung Batu, gunung ini memanglah tumpukan batu yang begitu besar. Diperkirakan, gunung ini terbentuk dari aliran lava dari gunung Sunda yang meletus sekitar 510.000 tahun yang lalu.

Untuk sampai ke area wisata yang satu ini, dari pusat kota Lembang, Anda bisa naik angkot atau delman. Kalau bawa anak-anak, biasanya mereka akan pilih naik delman. Hanya butuh sekitar 10 menit untuk tiba ke Jl. Maribaya. Kemudian Anda aka mulai mendaki. Gunung ini cocok untuk Anda yang senang dengan olahrga panjat tebing dan hiking. Jangankan gunungnya, jalanan menuju ke kawasan ini saja sudah bisa menjadi kegiatan ‘olahraga’ karena jalanannya yang naik turun. Bebatuan di dinding-dinding gunung ini juga sering dimanfaatkan untuk spot yang keren untuk berfoto

Tentu saja, gunung yang menjadi obyek riset LIPI ini menawarkan pemandangan yang indah. Dari atas sini, Anda bisa menyaksikan kota Lembang  yang membentang dan sederetan gunung lainnya. Ketika melihat ke arah utara, akan tampak Gunung Burangrang, Gunung Tangkuban Parahu, dan Gunung Putri. Jika melihat ke arah timur, akan ada Gunung Bukittunggul, Gunung Palasari. Di tempat yang lebih jauh, ada Gunung Manglayang dan Pangparang. Menengok ke arah timur, Anda akan melihat gawir patahan Lembang.

Selain itu, gunung Batu Lembang juga terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya. Untuk menikmati sunrise ini, datanglah ketika hari masih subuh.

Tapi sayangnya, banyak orang yang iseng dengan mencoret-coret dinding gunung ini. Hal ini sudah pasti mengurangi keindahan gunung ini. Kabarnya pengelolaan area gunung ini dipegang oleh pemerintah, nah, ada baiknya jikalau ada petugas yang ditugaskan untuk menjaga area ini, ya, sehingga tidak ada lagi pengunjung-pengunjung yang jahil mencorat-coret bebatuan atau membuang sampah sembarangan.


Oh, ya, jika berkunjung ke Lembang, sayang sekali jika tidak menginap. Masih ada banyak objek wisata menarik di kawasan ini. Mulai dari bergam jenis kebun hingga tempat makan. Untuk mencari tempat menginap pun Anda tidak perlu susah-susah, karena banyak tersedia hotel Lembang

Image: visitlemabang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar