Selasa, 17 November 2015

Indahnya Pulau Saronde di Gorontalo


Bila membahas keindahan laut di Sulawesi, biasanya seseorang akan menyebut Taman Nasional Bunaken atau pulau Wakatobi. Padahal, di daerah Gorontalo, juga menyimpan banyak pantai dan lautan yang Indah, loh. Salah satunya adalah pulau Saronde.

Pulau Saronde, merupakan gugusan dari pulau Ponelo (Desa Ponelo), Kecamatan Kwandang. Jaraknya sekitar 12 mil dari dermaga pelabuhan Kwandang, atau sekitar 1 jam dari pusat kota Gorontalo. Pulau ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu, di bagian utara hingga ke barat pulau, sepanjang pantainya berpasir putih, sedangkan dari sisi selatan sampai ke timur, pantainya di penuhi bebatuan yang tertata rapi serta dikelilingi oleh taman laut dengan terumbu karang yang sangat indah.

Dengan keindahan tersebut, sudah tentu, kegiatan utama di pulau yang kecil ini adalah menikmati pemandangan bawah lautnya. Di pantai ini, Anda aman untuk berenang, berperahu, snorkeling dan diving. Kegiatan lainnya adalah dengan bermain volly pantai, sepakbola pantai dan kegiatan outbound lainnya. Jika berkungjung dengan pasangan, maka romantisnya suasana sunset dan sunrise akan sangat tepat untuk Anda.

Pulau ini tak terlalu ramai, sehingga pulau ini masih bersih dan belum tercemar dengan sampah. Pulau Saronde hanya ramai jika waktu liburan tiba atau ketika sedang ada event dan festival saja.


Mungkin, pulau Indah ini sepi pengunjung karena minimnya fasilitas. Meskipun memiliki panggung khusus untuk pementasan seni namun fasilitas lainnya masih sangat terbatas. Hanya ada 2 cottage tersisa di sini, bentuknya pun sekadarnya saja. Jika mau, Anda bisa berkemah dengan tenda. Meski juga terbatas, namun Anda masih bisa menemukan rumah makan di sini. Masyarakat setempat menyuguhkan makanan khas yang bisa Anda cicipi. Mereka juga menjual beragam souvenir berupa hiasan yang terbuat dari kerang-kerangan, cocok untuk Anda jadikan oleh-oleh. Jika ingin menginap di tempat yang lebih baik dan dengan pilihan yang lebih banyak, sebaiknya Anda menginap di Kwandang, Ibu Kota Gorontalo Utara.

Image: sarondeislands

Tidak ada komentar:

Posting Komentar