Kamis, 24 Maret 2016

Mengeksplor Pantai Mawun Lombok


Pantai yang terdapat di pesisir selatan Lombok, memang belum banyak dikenal dan dieksplor orang, namun nyatanya, kawasan ini menyimpan beberapa pantai yang menawan. Misalnya, Pantai Mawun yang terletak sejauh 60 km dari Kota Mataram, dengan kondisi jalanan yang (sayangnya) belum memadai. Tepatnya, pantai ini ada di Desa Tumpak, Kecamatan Pujuk, Kabupaten Lombok Tengah.

Pantai Mawun, yang berada di antara Pantai Selong Belanak dan Pantai Kuta Lombok ini, memiliki garis pantai yang bentuknya mirip dengan tapal kuda, dan terdapat 2 bukit di bagian timur dan baratnya.

Uniknya, masing-masing wilayah di pantai ini memiliki karakteristik tersendiri. Misalnya, di bagian tengah pantai, pasirnya putih dan lembut. Pada bagian tengah perairannya, memiliki tingkat kedalaman yang lumayan, ombaknya pun cukup besar karena berada di dekat Samudera Hindia. Di bagian barat, pasirnya lebih besar dan keras karena bercampur dengan pecahan batu karang. Airnya lebih dangkal dan berombak tenang.

Sedangkan di bagian timur, karakteristiknya mirip dengan bagian barat. Sama-sama berombak tenang, karena 2 bagian ini, terdapat bukit yang meredam ombak, pasirnya pun lebih halus. Bagian barat dan timur ini, adalah bagian yang tepat untuk Anda beraktivitas.

Biasanya, pengujung di sini senang berjemur, berenang atau sekadar berfoto. Walaupun belum ramai, tapi setiap harinya, selalu ada wisatawan yang datang, baik itu wisatawan lokal, ataupun dari luar negeri. Suasana yang sepi ini menjadikan kita serasa sedang berlibur di private beach. Nah, jika Anda senang tempat sepi, mungkin pantai ini tepat buat Anda.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berhati-hatilah ketika berenang, terutama jika Anda berlibur membawa anak-anak, karena di pantai ini belum ada penjaga pantainya. Bawalah makanan sendiri, karena di sini belum ada fasilitas, termasuk warung makan. Di sekitar sini ada masyarakat yang memproduksi dan menjual kain tradisional, jika tidak berminat membeli, sebaiknya Anda tidak perlu menanyakan harganya, ya. Jika ingin bermalam, Anda bisa cari di sekitar pusat kota, banyak sekali penginapan yang tersedia.


Nah, jika Anda belum memiliki tujuan wisata, mungkin Anda bisa datang ke Lombok.

Image: lombokmandalika

1 komentar: