Selasa, 15 Maret 2016

Wisata Kalibiru Wisata yang Terpadu


Kalibiru adalah lokasi wisata alam yang terdapat di Kabupaten Kulon Progo, Jogjakarta.Kalibiru menurut cerita, pertama kali diberdayakan oleh masyarakat sekitarnya di sekitar tahun 2008. Dulu, semasa percobaannya, di sini ditanami begitu banyak pepohonan. Mugkin pohon-pohon inilah yag menjadikan tempat ini menjadi begitu asri dan sejuk, terutama di pagi hari.

Tempat wisata alam ini berada di ketinggian yang ‘lumayan’, jadi selain Anda mesti berani, juga dibutuhkan tubuh yang fit. Perjuangan Anda tak bakal sia-sia, kok, dari atas sini, Anda melihat keindahan hutan secara keseluruhan. Pemandangan lainnya adalah waduk Sermo dan jika cuaca dalam keadaan baik, bahkan Anda bisa melihat lautan (pantai selatan), walaupun hanya dari kejauhan.

Ada banyak hal lainnya yang bisa Anda nikmati, seperti wisata pedesaan, wisata budaya, wisata pendidikan. Anda juga bisa trekking, menikmati pemandangan dari gardu pandang, dsb. Ketika trekking ini, Anda bisa melihat beberapa jenis hewan liar, seperti elang jawa, ayam alas, landak bahkan harimau jawa.

Kalau ingin melihat matahari terbit, maka Anda sebaiknya menginap di sini. Di sini sudah tersedia tempat penginapan berupa cottage, camping ground, warung penjual makanan dan toko yang menjual souvenir yang ada di sisi jalan menuju bibir pantai. MCK, tempat untuk sholat dan pertemuan juga sudah ada. Fasilitas lainnya adalah lokasi outbond (flying fox) dengan ketinggian 50 dan 85 meter.

Anda mesti ekstra hati-hati saat menuju kemari, karena kondisi jalanannya belum begitu bagus. Selain belum rapi, belokannya tajam dan banyak tanjakan. Jika ingin mencoba bertualang, Anda bisa menuruni sendiri kondisi jalanannya di sini, atau jika ingin membawa kendaraan, pastikan kondisi kendaraan tersebut prima, ya.


Untuk berkunjung ke sini, ada biayanya, ya. Murah, kok, tak sampai Rp 5000 per orang. Tapi, ya, tentu saja, untuk fasilitas lainnya, seperti pendopo, kasur dan biaya parkir, Anda mesti membayar lagi. Sebelum memastikan akan menginap, Anda perlu mem-booking kamar, karena tempatnya terbatas dan seringkali kebanjiran pengunjung.

Image: rentalhiacedijogja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar