Sabtu, 19 Maret 2016

Berkemah di Pantai Clungup yang Asri dan Tenang


Pantai Clungup, pantai ini secara administratif berada di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumberwanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai Clungup juga termasuk pantai yang lokasinya terpencil, namun cukup mudah didatangi karena plang petunjuknya mudah ditemukan. Untuk mempermudah perjalanan Anda, dari Kota Malang, ikutilah petunjuk ke Pantai Sendangbiru, setelah itu terus ikuti arah Pantai Goa Cina. Di pantai ini, parkir kendaraan Anda. Telusuri bukit dan kebun milik warga, barulah Anda akan sampai ke pantai ini.

Pantai ini masih asri karena belum ramai didatangi pengunjung. Paling-paling, Anda hanya akan menemui nelayan yang hendak memancing atau warga yang ingin berkebun.

Pantai Clungup ini, area pantainya cukup luas dan pasirnya putih bersih, apalagi jika air sedang surut, wah, pemandangan hamparan pantai dijamin makin menawan, deh. Memang, banyak kayu yang tersapu ke pantai, kayu-kayu ini berasal dari perkebunan warga tadi, tapi tak mengurangi keindahannya, kok.

Panorama pantai yang termasuk dalam wilayah konservasi ini semakin indah, dengan adanya beberapa pulau kecil yang berada tak jauh dari pantai. Hutan bakau di belakangnya juga hijau dan lebat. Tak heran, di kawasan ini masih banyak hewan liarnya.

Oh, ya, ombak di pantai ini tenang, jadi tepat untuk Anda bermain air. Tapi perlu diingat, ya, di pantainya banyak batu karang dan karang-karang ini cukup tajam. Selain itu, di sore hari, di pantai ini banyak ubur-ubur. Jadi, Anda mesti ekstra hati-hati, terutama jika membawa anak-anak.

Bila belum puas berwisata di pantai ini, Anda bisa menyusuri jalan untuk ke Pantai Goa China tadi. Kalau ingin bermalam, di pantai ini Anda diizinkan untuk berkemah, tapi sayangnya persediaan air bersih di sini terbilang susah dan airnya payau, jadi ada baiknya Anda membawanya sendiri. ‘Susah’ juga, ya..


Jangan lupa, jagalah kebersihan pantai ini supaya terus asri, di sini sudah disiapkan tempat-tempat sampah yang terbuat dari anyaman bambu. Yuk, berlibur ke Malang..

Image: anyar.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar