Rabu, 09 Maret 2016

Belajar Sambil Wisata di The Bagong Adventure


The Bagong Adventure Museum, kira-kira, museum apa, ya, ini? Sama seperti saya, mungkin Anda juga akan menduga kalau objek wisata ini adalah museum mengenai perwayangan. Ternyata dugaan saya itu salah, ini adalah museum tubuh manusia pertama dan terbesar di Asia. The Bagong Adventure Museum ini, merupakan bagian dari Jawa Timur Park 1 di Jalan Kartika, atau yang lebih dikenal dengan nama Jatim Park.   

Lalu kenapa, ya, dinamakan dengan ‘Bagong’? Hanya untuk membantu melestarikan nama-nam wayang ternyata. Museum ini seluas 1 hektare , 6 lantai dan terbagi dalam beberapa zona, yaitu gigi, telinga, hidung, otak, jantung, pembuluh darah, paru-paru, dsb. Tentu sagaja, tujuan utama dari museum ini adalah edukasi, salah satu zona di sini, ada yang mengajari tentang ilmu kesehatan, seperti terjadinya bersin, sendawa dan informasi mengenai gangguan kesehatan. Ada juga simulasi dokter bedah.

Contoh zona lainnya adalah ruangan yang dilengkapi dengan beragam permainan dan bioskop 3D yang mengajarkan mengenai ilmu system reproduksi.

Selain mendapatkan ilmu mengenai anatomi manusia, ada banyak manfaat lainnya dengan mengunjungi museum ini, yaitu, Anda bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara gratis. Pemeriksaan tersebut meliputi mata, lemak tubuh, osteoporosis, kolesterol, asam urat dan gula darah.

Tak lengkap rasanya jikalau tempat wisata tak ada spot untuk berfoto. Nah, di museum ini, ada beberapa spot menarik, yaitu ruangan dokter gigi dan meja kerja dokter lengkap dengan peralatannya. Fasilitas lainnya berupa café yang ada di bagian depan museum. Semua hidangan yang dijual di sini adalah makanan sehat.

Museum ini dibuka dari jam setengah 9 pagi hingga setengah 5 sore. Biaya masuknya hanya Rp 40.000 per orang di hari kerja dan Rp 60.000 di akhir pekan. Harga yang murah jika melihat dari manfaat yang didapat dan pemeriksaan gratis tersebut. Ada juga beberapa paket yang ditawarkan, yaitu tiket terusan untuk masuk ke Jawa Timur Park atau Eco Green Park.


Seru, kan? Mudah-mudahan saja, ada lebih banyak lagi museum yang mengedukasi seperti ini.  Yuk, berkunjung ke Jawa Timur.

Image: veeveeayusim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar