Sabtu, 05 Maret 2016

Mengelilingi Bali dengan Bus Kura-Kura


Di akhir tahun 2015 lalu, Bali memiliki hadiah tahun baru untuk para pengunjungnya, yaitu Bus Kura-Kura. Bagi Anda yang belum tahu, Bus Kura-Kura adalah layanan transportasi bus umum yang menghubungkan tempat-tempat wisata di Bali. Pastinya, bus ini menawarkan perjalanan yang jauh lebih aman dan nyaman. Dengan bus kura-kura, Anda tak perlu khawatir berdesak-desakan, tertipu biaya sewa kendaraan atau mungkin nyasar.

Anda yang ingin berkeliling Bali pun, tak perlu repot lagi mencari jasa sewa kendaraan, Anda tinggal naik Bus Kura-Kura ini. Bus ini beroperasi setiap hari, dari jam setengah 9 pagi hingga jam 10 malam, tapi berbeda rute berbeda jam operasionalnya, ya. Pusatnya, berada di DFS Bus Bay, yang ada di Jalan Bypass Ngurah Rai, Simpang Siur, Kuta.

Untuk rutenya, luas sekali, loh, mencakup hampir ke seluruh pelosok Bali, seperti ke Seminyak, Nusak Dua atau ke Jimbaran. Untuk memudahkan Anda, setiap jalur bus akan Anda naiki, memiliki warna masing-masing. Mirip dengan bus yang ada di luar negeri, ya, di Negara tetangga kita, Malaysia misalnya. Bedanya, di Malaysia sana bus nya gratis, kalau Bus Kura-Kura, berbayar.

Jika ingin naik bus ini, Anda mesti beli tiketnya lebih dulu. Ada yang berbentuk kartu, ada pula yang koin. Ke duanya bisa dibeli di pusat perbelanjaan atau di hotel-hotel yang sudah bekerja sama (bisa Anda cek pada website-nya). Kalau dengan kartu, ketika naik nanti, kartunya tinggal ditempelkan saja di mesin yang ada di dekat pintu, kalau yang menggunakan koin, ya, tinggal masukkan saja. Praktis, kan? Tiap jenis kartu, ada penawaran tersendiri.

Harganya, terjangkau, kok. Masing-masing tujuan, pastinya harganya berbeda, ya, dimulai dari Rp 20.000 hingga Rp 80.000 per orang. Untuk anak-anak di atas 2 tahun, mesti membayar harga normal, ya.

Bagaimana dengan fasilitasnya? Ada bus yang berkapasitas 12 dan 15 orang, sedangkan untuk jalur menuju Jimbaran, berkapasitas 29 orang. Pastinya, seluruh bus menggunakan AC, wifi gratis dan LCD. Untuk fasilitas seperti bagasi dan rak bagasi, hanya tersedia di bus besar saja. Perlu Anda ketahui, setiap orang, hanya diperbolehkan membawa 1 tas saja dan ada aturan ukurannya.

Ada pun beberapa peraturan ketika menaiki bus ini, yaitu dilarang membuang sampah, dilarang merokok, dilarang membawa makanan dan minuman, dilarang membawa buah durian, dilarang meludah, dilarang membawa perlengkapan surfing, dilarang membawa seluruh bentuk senjata dan hewan. Hebatnya lagi, seluruh penumpang yang ada di dalam bus, diasuransikan,


Untuk lebih lanjut, sebelum menggunakan bus ini, ada baiknya Anda membaca informasinya dulu di website nya, ya.

Nah, mulai sekarang, kalau menginap di Bali dan ingin jalan-jalan, tinggal naik bus kurakura, deh.

Image: blog.kura2bus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar