Kamis, 17 Maret 2016

Mengeksplor Pantai Gesing Gunungkidul


Anda ingin berlibur ke Jogja dan ingin mengeksplor pantai yang belum pernah Anda kungjungi? Nah, saatnya Anda datang ke Pantai Gesing, nih. Belum pernah dengar namanya? Ya, pantai indah ini masih sepi pengunjung. Mungkin karena tempatnya terpencil dan sulit dijangkau. Hal ini diperparah dengan papan petunjuk jalan yang kurang memadai, katanya, carilah pohon beringin besar, SD Bolang dan perkampungan nelayan untuk mempermudah pencarian Anda.

Pantai Gesing ini, berada di Dusun Padukuhan Panjolomulyo, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Dari Kotagede, jarak sampai ke pantai ini adalah sekitar 40 km. Katanya, akan lebih gampang jika ke sini dengan naik motor.

Di pantai ini, kegiatan utamanya adalah mencari ikan, yang biasanya tentu saja dilakukan nelayan setempat. Tapi jika Anda juga ingin mencari ikan hias untuk dibawa pulang, diizinkan, loh. Kondisi pantai di sini landai, dangkal dan berkarang, jadi banyak ikan-ikannya. Jangan lupa, bawa sendiri jaring Anda, ya. Atau jika ingin ikut memancing dengan nelayan, Anda bisa ikut mencari spot-spot terbaik di sini.

Anda yang senang makan, di sini banyak warung makan yang menyajikan suguhan ikan segar. Makanan yang dijual di sini harganya murah dan dijamin menggugah selera. Ada juga, loh, tempat pelelangan ikannya, tapi, ya, hanya buka ketika ada nelayan yang berhasil melaut saja, ya.

Sudah pasti, Anda dijamin senang, deh, melihat pemandangan Pantai Gesing yang menawan. Pasir dan air lautnya bersih, ditambah lagi dengan adanya bukit karang yang mengapit di kanan-kirinya. Kalau ingin berfoto, mungkin tempat yang paling keren adalah dari atas bukit.

Nah, soal fasilitas, di sini masih minim sekali. Selain warung-warung tadi, di sini baru disediakan toilet dan tempat sholat saja.

Yuk, datang kemari dan bantu mengekspos keindahan Pantai Gesing ini, supaya pengunjung yang datang bisa lebih ramai lagi.

Image: boeztanoel21

1 komentar: