Rabu, 02 Maret 2016

Berwisata di Air Mata Belanda


Air Belanda, nama yang unik, ya? Nah, apakah Anda sudah tahu, apa, sih, objek wisata Air Belanda ini? Sebetulnya, Air Belanda atau Air Mata Belanda ini hanyalah sebuah mata yang ada di dekat penginapan. Air di sini, walaupun lokasinya berada begitu dekat dengan pantai, namun airnya tetap tawar. Lalu kenapa, ya, dinamakan Air Belanda?

Ada beberapa cerita yang beredar di kalangan masyarakat setempat mengenai pemberian nama mata air ini. Pertama, katanya dulu, mata air ini ditemukan oleh orang Belanda dan mereka menjadikan mata air ini sebagai mata air untuk kebutuhan sehari-hari mereka. Ke dua, dulu, ada satu keluarga Belanda yang berwisata ke sungai ini. Kemudian, ada peralatan makan milik mereka yang jatuh dan mereka berusaha mengambilnya kembali. Namun sayang, mereka justru terbawa arus dan menangis sekeras-kerasnya. Ke tiga, dahulu tempat ini dijadikan markas Belanda untuk mengejar pemberontak RMS.

Mata air ini berada di dalam hutan, airnya bening dan sejuk sekali. Cukup banyak pengunjung yang menyempatkan datang dan bermain air di sungai ini. Yang menjadikannya semakin istimewa adalah lokasinya yang berada di dekat Pulau Ora yang terkenal itu.

Mata Air Belanda biasanya dijadikan salah satu tujuan wisata di sekitar Pulau Ora ini. Pengunjung akan dibawa dengan perahu mengelilingi beberapa tempat wisata di sekitarnya, misalnya, Pulau Raja. Kawasan tebing karang ini adalah salah satu spot terbaik untuk melakukan snorkeling. Untuk pemandangan terbaik, jangan datang di musim hujan, ya, karena airnya akan keruh. Anda juga bisa menikmati makan siang di pulau ini. Beragam ikan laut bakar dan sambal khas akan menjadi menu yang istimewa.

Lainnya, ada Sungai Salawai. Di pulau sepanjang aliran sungai ini, begitu banyak pohon sagu. Baik itu untuk dikonsumsi, maupun untuk dijual. Di sini, Anda juga bisa melihat proses pembuatan sagu oleh masyarakat dengan cara yang masih sangat tradisional.


Perlu Anda ingat. Untuk mengelilingi kawasan ini, Anda akan diantar dengan speedboat ataupun perahu kecil. Sebelum Anda berangkat, sebaiknya Anda pastikan dulu mengenai biayanya dan jangan pula menanyakan, apakah perjalanan tersebut masuk ke dalam paket yang sudah Anda ambil. Ada beberapa kejadian kurang mengenakan mengenai sewa-menyewa perahu ini. Beberapa orang menulis pada artikel, mereka tertipu soal biayanya. Jadi, Anda mesti hati-hati, ya.

Image: blog.gogonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar