Selasa, 08 Maret 2016

Asrinya Tepian Sungai Cikapayang


Jika membayangkan sungai yang ada di kota besar, mungkin kita akan membayang sungai yang bau karena penuh sampah, penuh tumbuhan liar dan pemukiman liar di sisinya. Sungguh pemandangan yang mengganggu di sela-sela gedung yang megah. Fungsinya pun tak lagi maksimal, sungai yang seharusnya mampu menampung air, seringkali meluap dan menyebabkan banjir.

Nah, berbeda dengan Sungai Cikapayang yang ada di Jalan Merdeka, Bandung. Sungai ini telah selesai digiatkan kembali dan menjadi proyek percontohan penanganan sungai-sungai yang ada di Bandung. Tepian Sungai Cikapayang sekarang sudah bisa Anda nikmati. Selain sebagai ruang publik, juga untuk meningkatkan kesadaran warganya untuk menjaga keberadaan dan fungsi sungai.

Tentu saja, tepian Sungai Cikapayang ini bisa menjadi sarana rekreasi yang menarik. Lihat saja, taman kecil yang berada di sisinya. Ditanami pohon-pohon mungin beraneka warna, ditata begitu rapi, menjadikan pemandangan di sini begitu berwarna. Tumbuhan ini juga membantu menyejukkan Bandung yang ramai. Ada juga, tempat untuk bermain air, ya, sekadar mencelupkan kaki Anda saja, sih.

Ada bebetuan khusus yang diletakkan, yang bisa digunakan untuk terapi. Kondisi jalanannya pun, sangat bersahabat bagi mereka yang berkebutuhan khusus. Bahkan, di sini dilepas beberapa ekor ikan segala, loh. Jalan-jalan sore di sekitar sini, bisa membuat Anda merasa seperti sedang ada di luar negeri, deh. Oh, ya, katanya, di sini, ada tempat untuk mengaitkan gembok cinta, seperti yang ada di Korea.

Seperti yang kita ketahui, sudut-sudut Kota Bandung memang sudah diperbaiki dan dipercantik oleh pemerintah setempat, yang hebatnya, warganya memiliki kesadaran untuk menjaga dan merawat fasilitas tersebut. 

Yuk, jalan-jalan dan menginap di Bandung.

Image: bandung.merdeka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar