Rabu, 16 Maret 2016

Menyusuri Kemegahan Istana Ratu Boko


Anda yang menggemari candi, mungkin sudah pernah atau bahkan sudah puas menyusuri keindahan Candi Prambanan atau Borobudur. Nah, sudah pernahkah Anda mengunjungi kemegahan istana Ratu Boko?

Istana Ratu Boko, atau Ratu Baka, adalah bangunan megah yang didirikan pada zaman Rakai Panangkaran, yang merupakan keturunan dari Dinasti Syailendra. Istana ini, memiliki nama asli (nama awal) Abhayagiri Vihara, yang dibangun sebagai tempat untuk menyendiri dan memfokuskan diri pada hal-hal spiritual. Makanya, kalau Anda berkunjung ke sini, ‘aura’ ketenangan tersebut, masih terasa, loh. Suasana akan semakin dramatis ketika Anda melihat pemandangan di sekitarnya yaitu Gunung Merapi dan Candi Prambanan.

Istana ini berada di dalam lahan seluas 250.000 meter dan dibagi menjadi 4 bagian, yaitu bagian tengah (yang berupa gapura utama, lapangan, Candi Pembakaran, kolam, batu berumpak, dan Paseban), bagian barat (yang berupa perbukitan), bagian tenggara (yang terdiri dari pendopo, balai-balai, ada 3 candi, kolam, dan kompleks Keputren) dan yang terakhir, ialah bagian timur (yang terdiri dari kompleks gua, Stupa Budha, dan kolam).

Ketika memasuki bagian tengah istana, Anda akan langsun disambut dengan beberapa gapura megah dan berlapis. Pada beberapa gapura, terdapat tulisan. Di antaranya, ada tulisan ‘Panabwara’, yang artinya keturunan Rakai Panangkaran, yang katanya ini ditulis langsung oleh beliau.

Beberapa meter dari gapura ke dua, terdapat sebuah candi, yang bernama Candi Batu Putih. Dinamakan demikian karena memang bangunannya terbuat dari batu berwarna putih, tak jauh dari candi ini, terdapat candi lain, yaitu Candi Pembakaran, yang manfaatnya untuk membakar jenazah pada waktu itu.

Hal lain di dalam kompleks istana ini yang ramai dikunjungi adalah sumur Amerta Mantana. Sumur yang bermakna air suci kabarnya dimantrai dan hingga sekarang masih dipercaya mampu memberikan keberuntungan bagi yang memakai air tersebut. Bagi mereka yang beragama Hindu, biasa menggunakan air ini untuk kegiatan upacara adat mereka.

Ada pun 2 gua yang bisa Anda kunjungi di bagian timur, yaitu Gua Lanang (di bagian atas) dan Gua Wadon di bawahnya. Di  Gua Lanang, ada sebuah kolam besar dan 3 stupa Budha. Lainnya yang bisa Anda temui adalah lingga, yoni dan arca.

Nah, banyak, kan, yang bisa Anda lihat di dalam kompleks istana ini?


Image: candi1001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar