Rabu, 30 Maret 2016

Mengeksplor Curug Cimarinjung Sukabumi


Geopark Ciletuh Sukabumi, memiliki banyak objek wisata di dalamnya yang menarik untuk Anda eksplor. Ada beberapa air terjun (curug) di sini, misalnya Curug Sodong, Curug Dogdog dan Curug Cimarinjung. Pada ulasan kali ini, mari sedikit membahas mengenai curug yang terakhir.

Curug Cimarinjung berada di Desa Ciemas, beberapa kilometer dari Pantai Palangpang. Memasuki desa ini, belum apa-apa, Anda sudah akan disambut dengan suasana desa yang istimewa. Hamparan sawah membentang di kanan dan kiri Anda. Apalagi buat Anda yang tinggal di kota besar, pemandangan hijau seperti ini pastilah membuat Anda terpukau.

Jika menemui sebuah batu besar, nah, berarti Anda akan segera sampai ke curug Cimarinjung. Anda masih harus jalan kaki sekitar 400 meter dari sini. Tenang, Anda tidak bakal jenuh, kok, karena pemandangan lain yang tak kalah indah bakal menemani Anda, yaitu Teluk Ciletuh dan Samudra Hindia.

Curug Cimarinjung, adalah air terjun dengan ketinggian 40 meter. Yang menjadikannya menawan ialah air ini berasal dari atas tebing berwarna kecokelatan, beberapa pohon tampak melekat dan menjuntai dari tebing tersebut. Di bawahnya, terdapat 2 bongkahan batu besar dan pohon serupa bentuk bonsai berukuran besar. Pemandangannya bak yang ada di dalam film!

Meskipun menarik, nyatanya, tak banyak pengunjung yang datang kemari. Bukan karena tak laku, tapi karena belum banyak orang yang mengetahui keberadaan air terjun cantik ini. Mereka yang berwisata ke sini, paling-paling hanya warga dari sekitar kawasan ini saja.

Lokasi yang pas buat para backpacker dan pencinta petualangan. Buat Anda yang senang fotografi, mengambil gambar di lokasi ini, dijamin akan menghasilkan karya yang keren, deh. Selain itu, dengan Anda mengunjungi tempat ini, Anda bisa membantu penyebaran informasi mengenai Curug Cimarinjung, kan? Jika banyak pengunjung yang datang, tidak cuma curug ini bakal terkenal, tapi perekonomian masyarakat di sekitarnya juga akan terbantu, karena kawasan ini mereka kelola sendiri.

Karena masih minim pengunjung, fasilitas di sini pun masih jauh dari memadai. Belum ada sarana seperti lahan parkir, warung makan, apalagi penginapan. Jikalau berminat, Anda diperbolehkan mendirikan tenda untuk menginap. Beberapa rumah warga juga ada yang disewakan. Urusan makanan, Anda bisa membayar jasa pada mereka. Ya, mungkin hal ini juga menjadi alasan kenapa objek wisata ini masih sepi.

Yang penting, kalau berwisata di sini, Anda dilarang mengotori atau membawa pulang sesuatu yang berasal dari Curug Cimarinjung ini.


Image: ivacanza

Tidak ada komentar:

Posting Komentar