Jumat, 25 Maret 2016

Mengeksplor Pantai Goa China


Malang memang menyimpan ‘sejuta’ tempat wisata, di antaranya adalah Pantai Goa China. Pantai Goa China termasuk dalam jajaran pantai selatan, yang secara administratif berada di Dusun Tumpak Ayu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumberwanjing Wetan, Kabupaten Malang. Dari tetangganya, Pantai Bajulmati, dengan penunjuk arah yang memadai dan kondisi jalanan yang mulus, ke Pantai Goa China cuma butuh waktu 15 menit saja.

Sebetulnya, nama asli dari pantai ini adalah Pantai Rowo Indah. Tapi, menurut cerita yang beredar, dulu ditemukan jenazah seseorang berdarah Tiongkok di dalam gua (yang sebetulnya hanya berupa rongga dalam karang besar) yang ada di sekitar pantai. Lama-kelamaan, nama Pantai Goa China menjadi lebih terkenal.

Rapi, namun berkelok adalah jalan yang mesti Anda tempuh untuk menyaksikan keindahan Pantai Rowo Indah. Semua akan terbayar ketika Anda melihat pemandangan di pantai ini. Pasir putih mengilat dan air laut yang jernih. Hamparan pasir di sini tak begitu luas, tak seberapa jauh dari bibir pantai, Anda sudah bisa melihat terumbu karang dengan jelas.

Di hadapan Anda, terdapat 3 pulau karang yang berjajar. Ketiga pulau tersebut adalah  Pulau Bantengan, Pulau Goa China, tempat ditemukannya jenazah yang diceritakan dan Pulau Nyonya. Pulau-pulau kecil yang menghijau ini tentu saja menambah pesona.

Pantai Ghoa China adalah tempat yang pas untuk menikmati hangatnya sinar matahari. Pasirnya yang lembut bisa menjadi tempat Anda bersantai. Tak perlu payung pantai, karena pepohonan yang rimbun di belakang garis pantai, sudah mampu menjadi peneduh. Di pantai ini, banyak ditumbuhi pohon ketapang dan cembirit. Beristirahatlah sambil mendengarkan gemuruh ombak yang berasal dari pulau-pulau kecil tersebut.

Besarnya ombak menjadikan tak banyak kegiatan wisata air yang bisa dilakukan di sini. Paling-paling, Anda hanya bakal melihat nelayan yang lewat ketika mencari ikan. Selain bersantai, hal lain yang bisa Anda kerjakan adalah menikmati makanan di warung yang ada.


Fasilitas di sini pun baru seadanya saja, baru ada tempat sholat, toilet dan tempat parkir. Untuk masuk ke sini, Anda mesti bayar dan ada biaya parkir juga, ya.

Jika berlibur ke Malang, jangan lupa mampir, ya.

Image: Ngalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar