Rabu, 06 Januari 2016

Berselancar di Ombak Yoyo Pantai Rantung


Jika Anda pengin mengunjungi pantai-pantai yang masih alami, Sumbawa adalah salah satu kawasannya, contoh, di sini ada Pantai Rantung. Pantai indah ini belum terlalu dikenal, jadi pengunjungnya masih sedikit. Cocok, ya, untuk Anda yang suka berlibur di tempat yang tenang dan sepi.

Kurangnya pengunjung ke pantai ini, mungkin dikarenakan karena posisinya yang jauh dari pusat kota dan belum adanya kendaraan umum menuju pantai ini. Padahal, kondisi jalanannya sudah cukup memadai., aksesnya pun mudah.

Pantai ini tak terlalu jauh dari Pantai Maluk, tepatnya, berada di Desa Rantung, Kecamatan Sekongkakang, Kabupaten Sumbawa Barat, NTB. Untuk ke pantai ini, Anda mesti ke Lombok dulu. Patokan pantai ini adalah restoran seafood, nah, Pantai Rantung berjarak 15 menit saja dari rumah makan tersebut. Memang, perjalanan ke Pantai Rantung memakan waktu yang cukup lama dan melelahkan, untuk mengurangi jenuh dan lelah, ada baiknya Anda menginap dulu di Lombok.

Pengunjung ke pantai ini sebagian besar adalah peselancar, terutama wisatawan asing. Pantai Rantung memiliki ombak yang disebut dengan ombak yoyo. Disebut begitu karena ombaknya naik turun mengayun seperti mainan yoyo.

Jika hanya ingin bersantai pun, Anda bisa duduk-duduk di pasir Pantai Rantung yang putih dan begitu lembut. Dua pulau kecil menghiasi sisi kanan dan kiri pulau. Hal lain yang ditunggu oleh wisatawan Pantai Rantung adalah indahnya suasana matahari terbit dan terbenam. Oh, ya, adanya 2 pulau kecil tadi, sering dimanfaatkan pengunjung untuk tempat memancing.

Bicara fasilitas, di pantai ini baru ada sebuah penginapan dan rumah makan. Tidak ada pondokan untuk beristirahat, tapi Anda bisa berkemah di sekitar. Mungkin, malah akan lebih seru, ya, berkemah dengan teman-teman? Pastikan Anda membawa bekal dengan cukup dan membawa perlengkapan berenang (atau lainnya) dengan lengkap karena belum ada sarana penyewaan.

Jika datang ke Sumbawa, jangan lupa mencicipi susu kuda liar dan makanan khas setempat seperti ayam taliwang, sepat (sejenis hidangan laut) dan gecok (sejenis olahan sapi).


Image: sirkarajulon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar