Minggu, 24 Januari 2016

Berselancar di Pantai Keramas Gianyar


Pantai Keramas, sesuai dengan namanya, pantai ini berada di Desa Keramas, Biahbatu, Kabupaten Gianyar. Dari Kota Gianyar, untuk ke pantai ini berjarak 6 km saja. Untuk lebih memudahkan Anda, carilah Bali Safari and Marine Park, yang lokasinya tak jauh dari Pantai Keramas.

Di balik nama Pantai Keramas, ternyata ada sebuah cerita, loh. Awalnya, nama pantai ini adalah Pantai Kuramas, bukan Keramas. Katanya, dulu di sini banyak kura-kura yang datang untuk bertelur, makanya disebut dengan Kuramas. Namun setelah itu, namanya berubah menjadi Keramas karena banyak kera yang sayangnya sekarang ini sudah menghilang.

Pantai yang juga memiliki nama lain Komune Beach ini, sebetulnya terbagi menjadi 4 bagian. Yaitu Pantai Keramas 1 (Pantai Betuas), Pantai Keramas 2 (Pantai Selukat, karena di sini terdapat pura selukat), selanjutnya Pantai Keramas 3 dan 4.

Nama Pantai Keramas, bisa jadi cukup asing di telinga Anda, namun di kalangan peselancar, pantai ini sudah terkenal, loh. Baik peselancar lokal maupun yang dari mancanegara, banyak yang surfing di sini. Ombak di pantai ini tingginya kira-kira mencapai 2 meter lebih. Ketika di musim kemarau, biasanya ombak besar ada di pagi hari.


Soal fasilitas, di pantai sudah memadai. Sudah tersedia lapangan parkir, rumah makan serta penginapan.

Image: bali.panduanwisata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar