Senin, 11 Januari 2016

Bersantai di Pulau Nyiur Melambai yang Terkenal


Pantai Nyiur Melambai adalah salah satu pantai terkenal di Bangka Belitung. Pantai ini, lebih akrab dipanggil dengan nama Pantai Lalang, karena letaknya yang ada di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kota Belitung Timur. Kira-kira membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam naik mobil untuk bisa berwisata ke sini.

Biasanya, pengunjung datang ke sini pagi-pagi sekali, untuk melihat matahari terbit. Pengunjung akan semakin ramai ketika akhir minggu sore atau musim libur tiba. Datanglah di sekitar jam setengah 6 untuk melihat sunrise dan setengah 6 untuk melihat matahari terbenam.

Pantai Nyiur Melambai memiliki garis pantai yang panjang, lebar dan landai. Deretan pohon pinus berjajar di belakang bibir pantai, membuat pantai ini terasa sejuk. Ombaknya cukup tenang, sehingga aman untuk berenang. Sekadar bermain dan bersantai di pasir pun dijamin menyenangkan, deh.

Di pantai ini juga sering diadakan berbagai perlombaan dan festival kesenian daerah. Ketika di ulang tahun Bangka Belitung misalnya, atau di hari kemerdekaan, biasanya di sini diselenggarakan lomba perahu kater, pesertanya adalah nelayan setempat. Di sini, juga banyak komunitas anak-anak muda yang berkumpul, seperti komunitas beatbox atau skate.

Ada beberapa warung makan dan toilet untuk pengunjung di pantai ini. Jenis makanan yang dijual memang tidak banyak, namun cukuplah untuk dijadikan pilihan. Tersedia pondok-pondok kecil untuk tempat duduk-duduk. Selain itu ada pula fasilitas lain seperti lapangan voli pantai, lapangan futsal, dan arena panjat tebing buatan.


Sebelum berkunjung ke sini, Anda mesti lebih dulu memantau kondisi cuaca karena pada bulan-bulan tertentu, angin di pantai ini menjadi kencang dan berbahaya, bahkan nelayan pun enggan untuk pergi memancing.

Image: adirafaceofindonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar