Jumat, 08 Januari 2016

Museum Patung Lilin di Indonesia




Madame Tussauds adalah museum patung lilin yang sangat terkenal di London dan telah memiliki beberapa cabang di kota-kota besar dunia. Museum ini pertama kali didirikan oleh pematung lilin, Marie Tussaud. Di museum ini, dipamerkan patung-patung dari tokoh-tokoh sejarah, keluarga kerajaan, bintang film, atlet bahkan ada beberapa kriminal yang terkenal.

Di negara kita atau di negara tetangga sebelah pun, sayangnya kita belum bisa menikmati keindahan patung-patung ini, paling dekat, Anda mesti berangkat ke Bangkok. Tapi, untuk ‘mengobati’ rasa penasaran, kita masih bisa, kok, melihat museum yang sejenis ini, di Indonesia.

Alive Star Museum, museum patung lilin ini baru saja dibuka untuk umum, tepatnya di pertengahan Desember 2015 ini. Persisnya di Ancol Beach City Mall, lantai 3, kawasan wisata Ancol, Jakarta Utara. Ini adalah wahana terbaru dari kawasan ini. Patung-patung lilin ini dibawa langsung dari Korea, dan terdapat sekitar 50 buah patung lilin, di antaranya adalah Michael Jackson, Elvis Presley, Brad Pitt dan Angelina Jolie, Mahatma Gandhi, Pangeran William dan istrinya Kate Middleton, sampai Batman dan Spiderman.

Alive Star Museum juga menampilkan beberapa poster film asli Hollywood, lengkap dengan tanda tangan para pemainnya. Sebut saja poster Pirates of Carribean, The Lord of the Rings, Titanic, sampai serial anime Jepang yakni One Piece. Museum ini buka setiap hari, dengan biaya masuk sebesar Rp 100.000. Jika Anda datang dari luar kota dan ingin menginap di sekitar kawasan ini, ada, kok, pilihan penginapannya.

Masih ada museum lilin lainnya di sini, namanya De Arca Statue Museum. Museum ini berlokasi di Jogjakarta, di Pasar Seni XT-Square, Jl. Veteran, Pandeyan. Ini adalah museum lilin pertama di Indonesia, telah dibuka sejak tahun 2014 dan lebih besar dari yang ada di Ancol, Jakarta. Lilin yang digunakan di museum ini, sudah disesuaikan dengan cuaca di Jogjakarta, jadi lilinnya agak berbeda.

Hebatnya, patung-patung lilin yang ada di sini, dibuat oleh seniman dari negara kita sendiri, yaitu, Dunadi, yang memang sudah menjadi seniman ternama. Di sini, terdapat 3 zona yang bisa Anda nikmati, yaitu  zona tokoh nasional, zona presiden dunia dan zona tokoh dunia.


Nah, keren, kan? Mungkin museum ini bisa menjadi pilihan wisata Anda bersama keluarga di lain waktu, ya.

Image: thejakartapost

Tidak ada komentar:

Posting Komentar