Sabtu, 23 Januari 2016

Terpukau Keajaiban di Danau Labuan Cermin


Anda sudah pernah dengar tentang danau 2 rasa? Danau ini bernama Labuan Cermin. Jika datang dari luar Kalimantan, Anda mesti datang dulu ke Balikpapan. Untuk melepas lelah dan menyiapkan tenaga untuk berlibur, bisa beristirahat atau menginap dulu di Balikpapan ini.

Dari kota Kabupaten Berau, Tanjung Redep, menuju ke danau ini membutuhkan waktu sekitar 6-7 jam. Wisatawan biasanya menyewa mobil bersama-sama untuk meringankan biaya. Labuan Cermin biasanya didatangi wisatawan setelah mereka mengunjungi Kepulauan Derawan. Danau Labuan Cermin, terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kalimantan Timur.

Dari desa Labuan Kelambu, Anda masih mesti naik perahu lagi selama beberapa menit untuk sampai ke Labuan Cermin, harga sewanya tak pasti, semakin banyak penumpang, semakin Anda bisa menego harga. Oh, ya, jika Anda datang dan tidak membawa perlengkapan menyelam atau berenang, di sinilah tempat untuk menyewanya. Selain dengan pemilik perahu, bisa juga menyewa di toko atau milik warga lainnya.

Luar biasa ciptaan Tuhan yang satu ini, ada dua jenis air di dalam satu danau. Pada bagian atasnya, airnya tawar dan segar, di bawahnya berupa air asin, yang hebatnya, dua air ini tidak bercampur. Karena perpaduan dua rasa ini, hewan yang hidup di dalamnya juga jadi beragam.

Selain itu, di sini airnya sangat jernih, bagaikan kaca, makanya, disebut dengan Labuan Cermin. Perahu Anda di atasnya terlihat seakan-akan mengambang di udara dan ikan-ikan yang berenang dibawahnya bisa Anda lihat dengan jelas, bahkan hingga ke bagian dasar dengan kedalaman 3 meter. Belum lagi warnanya yang sangat indah, dimulai dari pinggir, gradasinya akan jelas terlihat, dimulai dari putih, hijau, toska dan biru.

Anda bisa menyewa perahu, untuk berkeliling di danau ini dan menikmati keindahannya. Jika tak ingin naik perahu, bisa juga menaiki ban besar. Puas bermain di permukaan, Anda bisa berenang atau snorkeling di sini. Biasanya, banyak anak kecil juga yang bermain di sini, bisalah minta ditunjukkan lokasi menyelam yang cantik.

Jika ingin berlama-lama di kawasan yang cantik ini, Anda bisa menginap. Namun memang pilihannya belum banyak. Hanya ada penginapan kecil atau berupa pondokan. Anda bisa menyewanya dengan sistem rombongan, harganya terjangkau. Jikalau ingin yang lebih seru lagi, Anda bisa mendirikan tenda di sekitar pantai, mungkin akan menjadi liburan yang lebih seru.

Perlu diingat, nih, listrik di kawasan ini belum tersedia selama 24 jam, hanya ada sampai sore hari saja. Jadi, jangan lupa untuk memanfaatkan listrik di siang hari, misalnya mengisi baterai ponsel atau pun kamera.

 Image: dekarunggu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar