Sabtu, 02 Januari 2016

Pantai Leakey Pantai Tujuan Peselencar Mancanegara


Pulau Sumbawa memiliki beragam lokasi menarik untuk menyalurkan hobi berselancar Anda, salah satunya adalah Pantai Leakey. Pantai ini telah menjadi incaran para peselancar lokal mau pun dunia. Sebagian besar wisatawan asing yang datang ke Pantai Lakey ini adalah wisatawan dari Australia, Amerika Selatan, Amerika Serikat, dan lainnya.

Pantai Lakey ini berlokasi di Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Dibutuhkan 2 jam perjalanan dari Bandar Udara Muhammad Salahuddin, di Kabupaten Bima. Dari Bima, Anda dapat menyewa mobil atau naik bus menuju pantai.

Pantai ini memiliki julukkan sebagai ombak kidal, karena sapuan ombaknya yang berbeda dengan pantai laiinya, di Pantai Lakey, ombaknya mengarah ke kiri, sedangkan di pantai yang lain, ombak menyapu ke arah kanan.

Ombak di pantai ini memiliki ketinggian 6-8 meter, meski dianggap tak terlalu tinggi, tapi tetap memiliki tingkat kesulitan tertentu, karena arah ombaknya tadi. Adapun beberapa jenis ombak di sini, yaitu Lakey Peak, Cobble Stones, Lakey Pipe, dan Periscope

Angin laut Pantai Leakey memang terbilang kencang, sehingga kawasan ini tidak cuma tepat untuk bermain selancar, tapi juga untuk wind surfing, atau kite surfing. Hebatnya lagi, ombak Pantai Leakey terbilang stabil sepanjang tahun. Tak heran, di pantai ini sudah beberapa kali menjadi lokasi perlombaan selancar tingkat internasional. Waspadai karang yang tajam ketika Anda berada di air.

Walaupun kawasan ini agak sepi dan terpencil, namun Pantai Leakey sudah memiliki fasilitas yang baik, sudah ada beberapa hotel di Pantai Lakey ini, tinggal Anda sesuaikan dengan keuangan Anda, ada yang bertaraf homestay yang terjangkau, hingga hotel berbintang. Ada hotel yang bisa membantu Anda dengan fasilitas tambahan, seperti menjemput di bandara dan sebagainya.


 Image: tiketasik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar