Jumat, 22 Januari 2016

Situ Biru Cilembang Tenar di Social Media


Ada satu objek wisata lagi yang sedang ramai diperbincangkan di berbagai akun sosial media. Namanya Situ Biru. Objek ini berada di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, Sumedang, Jawa Barat.

Situ Biru, memiliki banyak nama lainnya, seperti Sirah Cilembang, Danau Biru Hariang hingga Labuan Cermin Cilembang. Untuk nama yang terakhir ini, disebut demikian karena memang mirip dengan Labuan Cermin yang ada di Kalimantan Timur.

Sebetulnya, kawasan ini belum resmi dijadikan sebagai objek wisata, namun semakin banyak wisatawan yang berdatangan. Perlu diingat, ada beberapa aturan yang berlaku danau ini. Pertama, Anda tidak diperbolehkan untuk dijadikan tempat berenang, karena airnya yang jernih merupakan pasokan air bersih bagi masyarakat sekitar, terutama untuk minum. Ke dua, Anda dilarang berkunjung di hari selasa dan jumat. Jadi, jika Anda berkunjung ke sini, Anda cuma bisa menikmati keindahannya saja.

Air beningnya, memantulkan cahaya dari langit yang menjadikan air ini bisa dipakai untuk bercermin. Aslinya pun, airnya pun tidak berwarna biru seperti yang ada pada gambar yang banyak beredar, lagi-lagi, itu adalah efek dari pantulan cahaya. Kadang-kadang, ada ikan juga yang terlihat di sini, ada beberapa jenis, misalnya ikan nilem, wadur dan lunjar padi, bahkan ada kura-kura juga. Setelah itu, Anda bisa duduk-duduk di sekitar hutan (bukan di sekitar danau),  menikmati sejuknya udara sambil jajan icip-icip makanan. Banyak, kok, pedagang makanan di sekitar sini.

Ada baiknya, Anda segera pulang menjelang sore hari, karena di sini belum ada penerangan. Hati-hati juga, nih, ketika dalam perjalanan menuju Situ Biru, karena kondisi jalanannya belum bagus, masih berbatu dan licin, apalagi ketika musim hujan, Anda tidak disarankan datang ketika musim seperti ini.


Sekali lagi, jagalah kebersihan wilayah ini, karena tadinya tempat ini benar-benar nyaris tak terjamah dan alami. Jangan lupa pula mematuhi semua aturannya.  

Image: liburmulu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar